4 Hal Penting Sebelum Backup Foto iPhone ke Google Drive


Google Drive menjadi solusi yang tepat bagi Mama yang punya file dalam jumlah banyak dan ingin membaginya dengan pihak lain yang ingin mengakses file tersebut. Bisa dipakai di iPhone, perangkat Android maupun Windows PC, juga Mac, adalah satu kelebihan Google Drive dibanding iCloud yang sama-sama merupakan layanan penyimpanan berbasis cloud. 

Faktanya, Mama memang bisa backup foto-foto dari iPhone ke Google Drive. Dengan upload foto yang tersimpan di iPhone ke Google Drive, nantinya Mama bakal bisa mengakses foto-foto tersebut di perangkat lain, termasuk di ponsel Android dan Windows PC. 

Sebelum memutuskan menggunakan Google Drive untuk menyimpan file-file dari iPhone, ada beberapa hal yang perlu Mama tahu tentang Google Drive. Apa saja?

  1. Storage: Google Drive menawarkan kuota penyimpanan gratis sebesar 15GB. Jika dibanding iCloud, kapasitas penyimpanan gratis yang ditawarkan Google Drive memang lebih besar. Untuk koleksi foto dan video hasil jepretan iPhone, bisa dipastikan kapasitas tersebut akan langsung habis dalam satu kali backup. Setelah kuota 15GB habis, Mama bisa menambah 100GB dengan biaya berlangganan per bulan yang bisa dihentikan sewaktu-waktu. Perlu dicatat pula kalau kapasitas penyimpanan gratis sebesar 15GB tersebut telah termasuk data yang ada di Google Photos dan Gmail. 

  2. Siapkan iPhone: Saat Mama memutuskan backup foto dari iPhone ke Google Drive, Google Photos akan melakukan tugas tersebut guna upload semua foto yang tersimpan di Google Photos ke Google Drive. Proses backup membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga pastikan batre iPhone dalam kondisi penuh dan terhubung dengan Wi-Fi yang lancar. Tidak disarankan upload foto dari iPhone ke Google Drive menggunakan kuota paket internet ya Mams.

  3. Google Photos vs Drive: Jika tidak menggunakan bantuan Google Photos, Mama bisa upload foto secara manual dari iPhone ke Google Drive. Sebelumnya tentunya Mama harus telah install aplikasi Google Drive di iPhone. Upload foto dari iPhone ke Google Drive secara manual memungkinkan Mama memilih foto-foto yang Mama inginkan, bukan semuanya seperti backup seluruh foto langsung melalui Google Photos.

  4. Akun Google: tentu saja untuk bisa membuat Google Photos dan Google Drive bekerja baik, Mama harus punya akun Google. Yang dimaksud termasuk akun untuk Gmail, Youtube, ataupun akun untuk produk Google lainnya. Jika Mama telah menggunakan akun Google di iPhone, secara otomatis Google Drive akan mengenali akun tersebut untuk digunakan sign-in ke Google Drive.
Nah, setelah tahu seluk-beluk Google Drive untuk iPhone, termasuk kemampuannya backup & sync foto-foto di iPhone, Mama sekarang sudah punya gambaran tentang apa yang harus dilakukan dengan koleksi foto-foto di iPhone. Mau dipindah ke komputer, backup di iCloud atau backup ke Google Drive?

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama