3 Cara Menghilangkan Foto dari Spotlight Search (iPhone, iPad)

Spotlight Search di iPhone dan iPad memungkinkan Mama menemukan berbagai konten yang Mama inginkan. Bukan hanya konten yang ada di dalam iPhone ya Mams, Spotlight juga memiliki kemampuan menemukan konten yang ada di App Store, iCloud, juga internet secara umum, termasuk mengkonversi mata uang ataupun besaran lain.

Secara default, Spotlight Search melakukan pencarian di semua aplikasi yang telah terinstall di iPhone/iPad. Umumnya, konten atau data yang ingin Mama temukan berupa teks atau informasi yang bisa jadi ada di pencarian web via Safari, di aplikasi Mail ataupun di App Store, jika Mama mencari judul apps atau games. Sayangnya, hasil pencarian Spotlight Search selalu menyertakan data yang dianggap cocok dari aplikasi Photos. Jika begitu kasusnya maka Mama perlu menghilangkan Photos app dari daftar hasil pencarian Spotlight. 

1. Matikan Photos app dari hasil pencarian Spotlight Search

  1. Buka Settings app di iPhone atau iPad. 
  2. Tap Siri & Search. 
  3. Scroll di daftar aplikasi hingga menemukan Photos app, tap untuk membuka opsi lanjutan.
  4. Geser toggle ke arah OFF di opsi Show Content in Search.

2. Sembunyikan sebagian foto dari hasil pencarian Spotlight

Dalam beberapa kasus Mama barangkali tetap ingin isi Photos app muncul di hasil pencarian Spotlight tetapi tidak dengan beberapa foto yang Mama anggap sensitif. Untuk itu Mama bisa menyembunyikan beberapa foto tersebut langsung melalui Photos app menggunakan fitur Hide Photos baik di iPhone atau iPad.


3. Matikan Photos Suggestions

Munculnya foto di hasil pencarian Spotlight bukan tanpa alasan ya Mams. iOS memiliki metode untuk memunculkan foto yang dianggap sesuai dengan apa yang Mama cari, diantaranya berdasarkan data lokasi, sumber foto (screenshot, hasil download, dll), ataupun faktor lain.

Jika Mama benar-benar ingin mengeluarkan foto dari hasil pencarian Spotlight, selain cara no. 1 dan 2, Mama juga perlu mematikan Photos suggestions.
  1. Buka Settings di iPhone atau iPad.
  2. Tap Siri & Search, pilih Photos app.
  3. Di bagian Suggestions, ada 3 opsi yang harus Mama matikan:
    • Show on Home Screen: mencegah saran yang memungkinkan Photos app muncul di Home Screen dan di Locked Screen.
    • Suggest App: mencegah iPhone mengecek isi Photos app sebagai hasil pencatian Spotlight.
    • Suggestion Notifications: mencegah iPhone mengirim notifikasi untuk konten yang berasal dari Photos app, termasuk memory album.

Dengan cara di atas Photos app tidak akan lagi muncul di hasil pencarian Spotlight. Yang perlu Mama tahu, cara ini tidak akan menghapus isi Photos app ya Mams meskipun konten foto menghilang dari Spotlight. Mama tetap bisa mengakses koleksi foto dan video langsung di aplikasi Photos, baik di iPhone ataupun iPad.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama