3 Cara Klik Kanan di Trackpad Mac


Jumlah penggunaan Windows PC di dunia memang masih lebih tinggi dibanding Mac ya Mams. Tak heran jika sebagian besar orang lebih fasih mengoperasikan Windows PC dibanding Mac, termasuk Mama?

Jika saat ini Mama tengah beralih dari Windows OS ke MacOS, bisa jadi akan butuh sedikit waktu untuk membiasakan diri dengan ekosistem Mac. Bukan sulit ya Mams, cuma memang ada perbedaan mendasar yang perlu Mama pahami sebelum nantinya Mama bakal bisa mengoperasikan Mac, bahkan sembari merem. 

Salah satu hal dasar yang wajib Mama tahu di Mac adalah fungsi gesture jari di trackpad, salah satunya adalah klik kanan. di Windows, klik kanan bisa dilakukan dengan menekan 1x pada bagian kanan mouse atau touchpad. Lalu, bagaimana melakukan klik kanan di Mac? 

Meskipun Mac bisa menerima penggunaan mouse tetapi sebenarnya trackpad Mac sudah cukup untuk melakukan semua fungsi sebuah mouse, termasuk untuk klik kanan. Hal pertama yang perlu Mama lakukan adalah menentukan format apa yang bakal pakai untuk klik kanan mengingat Mac setidaknya menyediakan 3 cara untuk klik kanan.

Cara menentukan klik kanan di trackpad MacBook

  1. Klik logo Apple di kiri-atas layar Mac.
  2. Pilih System Preferences, atau klik langsung System Preference dari Dock.
  3. Klik Trackpad.
  4. Di tab Point & Click, klik panah ke bawah di Secondary Click.

  5. Muncul 3 pilihan: 
    (1) click or tap with two fingers: klik atau tap 1x menggunakan 2 jari di trackpad Mac
    (2) click in bottom right corner: klik 1x di bagian kanan-bawah trackpad Mac
    (3) click in bottom left corner: klik 1x di bagian kiri-bawah trackpad Mac

  6. Dalam hal ini Secondary Click adalah klik kanan sehingga Mama bisa memilih salah satu dari tiga opsi yang disediakan seperti dijelaskan di atas.

  7. Setiap opsi klik kanan yang Mama pilih dijelaskan melalui video singkat sehingga Mama punya gambaran seperti apa klik kanan di trackpad Mac, baik menggunakan satu jari atau dua jari.
Setelah keluar dari System Preferences, Mama bisa langsung mencoba opsi yang tadi telah Mama pilih. Coba saja buka Safari browser lalu lakukan klik kanan berdasarkan pilihan Mama. Berhasil? Eh, jika Mama lebih nyaman pakai mouse, bisa banget disable trackpad Mac ya Mams.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama