TOP 5 Browser Alternatif Safari untuk Mac (2021)



Safari tak dipungkiri menjadi browser paling stabil dijalankan di Mac. Dalam beberapa hal bisa jadi fitur Mac masih kurang lengkap dibanding browser lain. Mesk begitu, secara bertahap Apple terus memberikan update untuk Safari sehingga mampu bersaing dengan browser lain, terutama yang bisa dijalankan di luar Mac.

Tetapi bukan berarti Safari adalah browser pilihan satu-satunya untuk Mac ya Mams. Jika sebelumnya Mama sudah terlanjur nyaman menggunakan salah satu browser di Windows PC, besar kemungkinan Mama juga akan menggunakan browser yang sama di Mac. Di artikel ini bisa Mama jumpai lima browser terbaik alternatif Safari yang bisa juga Mama jumpai di Windows PC, bahkan versi mobile untuk iPhone, iPad dan Android devices.


1. Google Chrome | download

Dibuat oleh Google, Chrome tersedia untuk Mac, Windows, iPad, iPhone dan Mac. Chrome adalah alternatif Safari terbaik yang bisa Mama pilih, jika Mama memiliki sejumlah perangkat multi platform. Kemudahan menggunakan Chrome di Windows, misalnya, juga akan Mama jumpai di Mac dan Apple devices lain.

Fungsi, efisiensi dan kecepatan adalah tiga hal yang selalu dibanggakan pengguna Chrome. Google mendesain Chrome sedemikian rupa sehingga address bar yang dipakai untuk mengetikkan URL juga bisa Mama fungsikan sebagai kolom pencarian Google Search.

Menggunakan banyak perangkat dengan platform berbeda, Mama bisa mengandalkan Chrome untuk browsing sehingga apa yang Mama buka iPhone, misalnya, bisa Mama lanjutkan di Mac, bahkan di Windows PC.


2. Mozilla Firefox | download

Pilihan kedua browser alternatif untuk Safari adalah Mozilla Firefox. Browser ini juga memiliki fitur multi platform sebagaimana Chrome.

Meskipun kecepatan Firefox tidak sebaik Chrome tetapi browser ini pernah menjadi browser terbaik untuk Mac di masa lalu. Perbaikan dan update terus diberikan pada Firefox untuk Mac sehingga kinerjanya bisa diandalkan, terutama bagi Mama yang telah lama dan terbiasa menggunakan Firefox di Windows.


Terlebih, Firefox mampu diandalkan untuk urusan security. Ini adalah alasan utama jika Mama mencari browser yang aman untuk Mac, termasuk untuk menghindari online scam yang bisa mengancam Mac sewaktu-waktu.


3. Edge Chromium | download

Di masa lalu, bisa jadi Mama adalah salah satu orang yang selalu menghindari penggunaan Internet Explorer di Windows PC, bahkan saat Microsoft sudah mengubahnya menjadi Internet Explorer Edge.

Sekarang Microsoft melakukan perubahan total dan menamainya sebagai Edge Chromium. Bisa langsung dijumpai di komputer yang menjalankan Windows 10 OS, Edge Chromium juga tersedia untuk versi Mac.

Menawarkan banyak fitur dan jaminan keamanan, menjalankan Edge Chromium akan terasa seperti menggunakan Google Chrome. Jangan kaget ya Mams, itu karena memang Edge versi baru ini dibuat dengan Chrome engine.

Tapi berbeda dari Chrome, Edge memiliki keunggulan dalam menggabungkan ekstensi Chrome dengan sistem keamanan yang ditingkatkan. Untuk urusan iklan yang sering pop-up di browser, Edge telah menanamkan mesin ad-blocker sehingga Mama tidak perlu repot memasang ekstensi tambahan. Tak hanya itu, Edge Chromium juga menawarkan fungsi untuk menjalankan situs-situs jadul menggunakan Internet Explorer mode. Terasa bernostalgia ya Mams!


4. Opera | download

Memiliki segudang fitur, Opera memang didesain untuk memanjakan penggunanya. Meskipun masih tergolong sebagai salah satu browser alternatif terbaik untuk Safari, tetapi Opera mulai mengalami penurunan popularitas dalam beberapa tahun terakhir.

Berbeda dari browser lain untuk Mac, Opera menawarkan kecepatan dalam memuat konten sebuah website. Caranya adalah dengan mengkompresi sejumlah konten dan hanya loading konten-konten yang dianggap penting untuk ditampilkan. Karenanya jangan heran kalau waktu loading menggunakan Opera lebih cepat dibanding browser Mac lain. Itu juga yang menjadi alasan pengguna setia Mac enggan meninggalkan Opera setelah bertahun-tahun menggunakannya.


5. Puffin | download

Bisa jadi ini kali pertama Mama mengenal browser Mac bernama Puffin. Browser ini bisa diandalkan untuk Mac tak lepas dari fitur security dan privasi yang tidak terkalahkan oleh browser lain. 

Menggunakan teknik yang berbeda, Puffin menjamin pengguna Mac bebas dari threat dan malware saat menjelajah internet menggunakan Puffin. Hal itu bisa terjadi karena Puffin memakai server miliknya untuk streaming semua website yang Mama kunjungi, berbarengan dengan saat Mama surfing menggunakan Puffin. 

Model keamanan seperti itu bisa dibuat karena Puffin mewajibkan Mama membuat akun Puffin saat pertama kali menggunakan Puffin. Jadi, saat membuka Puffin untuk pertama kali, jangan harap Mama bisa langsung membuka sebuah website ya.

Masih ada beberapa browser lain yang juga dipakai pengguna Mac di luar Safari, termasuk Vivaldi dan Brave browser yang juga tersedia untuk versi iPhone dan iPad. Pilihan ada di tangan Mama, akankah memilih salah satu browser alternatif Safari di atas atau masih setia menggunakan Safari?


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama