Cara Sync Safari antar iPhone, iPad, Mac


Dari beberapa browser terbaik yang bisa dijalankan di iPhone, iPad dan Mac, Safari tetap menjadi pilihan utama jika masalah privasi dan keamanan yang menjadi prioritas Mama. Dalam hal ini Safari melalui OS 15 telah mendapatkan update untuk lebih bisa menjaga privasi serta security pengguna melalui web extensions.

Tak hanya itu, jika Mama menggunakan beragam Apple devices untuk menunjang kegiatan harian maka tentu saja Safari adalah pilihan pertama yang harus Mama pertimbangkan. Menjalankan Safari di iPhone saat Mama dalam perjalanan ke kantor, nantinya akan bisa Mama lanjutkan di Mac saat Mama telah sampai kantor. Saat pulang ke rumah, Mama bisa melanjutkan apa yang belum selesai Mama lakukan di Mac melalui Safari di iPad. Yup, itulah Safari sync yang saling bertaut antar Apple devices.

Sinkronisasi Safari antar Apple devices tidak hanya untuk membuka laman web yang sama ya Mams. Lebih jauh, Safari sync memungkinkan Mama menyimpan bookmark Safari di Mac, misalnya, nantinya bisa ditampilkan di Safari di iPhone atau iPad. Tak hanya bookmarks, termasuk juga Safari startpage background, Safari tab, dan banyak lainnya.

Sebelum melangkah lebih jauh untuk mengeset Safari sync antar perangkat Apple, perlu Mama pahami kalau sinkronisasi bisa terjadi jika data Safari disimpan di iCloud. Artinya, untuk bisa mengaktifkan Safari sync antar Apple devices Mama harus pula mengaktifkan iCloud dengan Apple ID yang sama antara iPhone, iPad dan Mac.

Cara mengaktifkan Safari sync di Mac

  1. Di Mac, buka System Preferences dari Dock.
  2. Klik Apple ID di kanan atas.
  3. Klik iCloud di sidebar sisi .
  4. Pastikan kotak di sebelah Safari telah ter-centang.

Cara mengaktifkan Safari sync di iPhone, iPad

  1. Buka Settings app.
  2. Tap profile picture (Apple ID).
  3. Tap iCloud.
  4. Scroll ke bawah, pastikan toggle di sebelah Safari telah aktif.

Cara melihat webpage yang terbuka di Apple devices lain

Setelah mengaktifkan Safari sync, Safari di Mac akan menampilkam webpage apa yang terbuka di iPhone atau iPad. Caranya, klik pada tombol Tab Overview yang ada di menu bar Safari di Mac. Di sana bisa Mama temukan webpage apa saja yang aktif di iPhone atau iPad yang menggunakan Apple ID sama dengan Mac yang tengah Mama gunakan.

(Safari Tab Overview di Mac)

Di iPad, Safari juga menunjukkan webpage apa saja yang terbuka di perangkat Apple lain yang menggunakan Apple ID yang sama. Tentu jika sudah diaktifkan Safari sync ya Mams. Jika Mama membuka tab baru di Safari di iPad, akan terlihat background image yang sama dengan yang Mama pasang di Safari di Mac. Juga, bisa Mama lihat bookmarks  serta daftar webpage dari iPhone, misalnya. 

Selain cara di atas, Safari sync di iPad juga bisa dilihat dengan cara tap pada URL webpage yang tengah terbuka. Apa yang ditampilkan sama dengan apa yang ada di startpage namun tanpa background image. 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama