Cara Menyembunyikan IP Address di Mac



Di iPhone dan iPad, menyembunyikan IP address bisa dilakukan jika Mama berlangganan iCloud+. Merupakan bagian dari fitur tambahan di iCloud Plus, Hide IP address mampu meningkatkan keamanan saat browsing menggunakan Safari, baik di iPhone ataupun iPad. Fitur menyembunyikan alamat IP ini juga bisa Mama temukan di Mac yang telah menjalankan MacOS Monterey (dan versi yang lebih baru setelahnya).

Berbeda dari layanan VoIP yang mampu menyembunyikan IP address di semua layanan dan aplikasi, Hide IP Address hanya berlaku untuk Safari ya Mams. Di MacOS Monterey, Mama perlu meyetel Safari terlebih dulu agar IP address tersembunyi saat Mama browsing menggunakan Safari.

Cara menyembunyikan IP address di Safari (MacOS Monterey)

  1. Buka Safari di Mac.
  2. Klik Safari di bagian atas layar Mac, pilih Preferences.
  3. Pilih tab Privacy
  4. Centang opsi Hide IP address.


Dengan mencentang opsi Hide IP address maka Mama telah selangkah lebih baik dalam mengamankan Mac. Fitur ini bakal menyembunyikan Mac dari para pelacak online.

Sebagai gambaran, saat Mac terkoneksi ke internet maka Mac yang Mama pakai akan mendapatkan sebuah identitas unik yang dinamakan IP address, yang berbeda dari satu komputer dengan komputer lainnya. IP address ini bisa dipakai mengidentifikasi Mama sehingga sering dipakai oleh para hacker untuk mengikuti Mama guna mengetahui apa saja yang Mama lakukan di Mac.

Mama bisa memilih mengaktifkan salah satu dari opsi Hide IP address berikut:

  • from Trackers only: menyembunyikan IP address dari para pelacak online yang aktif saat Safari mulai memuat sebuah website.
  • from Trackers and Websites: menyembunyikan IP address baik dari para pelacak online maupun website yang Mama kunjungi. Untuk bisa mengaktifkan fitur ini Mama perlu juga mengaktifkan Private Relay yang bisa didapat saat berlangganan iCloud+.
Dengan mengaktifkan fitur Hide IP address di Mac, diharapkan tingkat keamanan Mac semakin meningkat, termasuk terhindar dari serangan online scam yang mengancam Mac. Menggunakan Safari untuk mengakses berbagai situs di Mac menjadi salah satu alasan untuk menghindari online scam,  tentu jika Mama tidak beralih ke browser pengganti Safari di Mac.

Selain Hide IP address, Safari juga dilengkapi fitur keamanan lain terkait password yang Mama simpan di Mac. Mac bakal memberitahu saat ID dan password yang Mama miliki digunakan atau dibocorkan oleh pihak lain.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama