Cara Menggunakan Bookmarks di Safari (MacOS)



Bookmarks adalah cara paling mudah untuk menyimpan sebuah webpage agar bisa dikunjungi lagi di lain waktu. Tanpa perlu mengetik kembali URL, Mama tinggal klik sebuah bookmark maka laman web yang Mama inginkan akan terbuka.

Di Safari, menyimpan sebuah webpage menggunakan fitur bookmarks tergolong sangat mudah. Mama tinggal klik tombol Share yang ada di toolbar, di pojok kanan-atas layar Mac. Mama juga bisa menamai sebuah bookmark untuk mempermudah pencarian, juga mengelompokkan dalam folder.


Untuk menampilkan semua bookmark, ada dua cara yang bisa Mama lakukan: 

  1. Klik Bookmarks yang ada di menu bar di bagian atas layar, lalu pilih Show Bookmarks
  2. Mama bisa menggunakan tombol Bookmarks yang ada di toolbar.

Dengan salah satu dari dua cara di atas, bookmark Safari bisa ditampilkan. Bookmark Safari muncul dalam bentuk sidebar di bagian kiri layar, berisi semua webpage yang pernah Mama masukkan ke dalam bookmark.


Munculnya sidebar bookmark di sisi kiri otomatis membuat layar Safari mengecil ya Mams. Area baca ataupun menulis juga turut menciut. Namun tak usah kawatir ya Mams karena sidebar bookmark bisa ditutup saat Mama tak lagi membutuhkannya. 

Untuk menghilangkan sidebar bookmark, Mama bisa melakukan salah satu dari dua cara ini:

  1. Klik di tombol bookmark yang sebelumnya Mama pakai untuk menampilkan bookmark. 
  2. Atau, klik Bookmarks di menu bar bagian atas, pilih Hide Bookmarks.
Sekarang sudah tahu ya Mams bagaimana cara mengoptimalkan penggunaan Safari di Mac. Selain memanfaatkan bookmark dan pin tab di Safari, Mama bahkan juga bisa menyimpan sebuah webpage ke dalam format PDF. Jika hasil file PDF terlalu besar, Mama bisa memperkecil ukuran file PDF menggunakan fitur bawaan Mac.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama