Cara Mengaktifkan Hide My Email via iCloud.com



Menggunakan fitur Hide My Email, Mama bakal bisa menggunakan email address random yang diciptakan Apple untuk keperluan-keperluan online, seperti mendaftar layanan baru yang Mama belum yakin baik-tidaknya. Dengan alamat email acak, Mama sekaligus menyembunyikan email address personal sehingga privasi dan keamanan bisa lebih terjaga.

Di MacOS Monterey (dan MacOS setelahnya), Mama bisa langsung menggunakan fitur Hide My Email baik di aplikasi Mail ataupun di Safari. Lalu bagaimana jika Mac yang Mama miliki belum menjalankan Monterey?

Jika Mama sudah upgrade ke iCloud+ menggunakan iPhone atau iPad, sementara Mac yang Mama gunakan belum menjalankan MacOS Monterey, menggunakan Hide My Email di iCloud.com adalah jalan keluarnya. 

Mama bisa menggunakan Safari atau browser pengganti Safari di Mac untuk mengakses iCloud.com. Lakukan beberapa langkah berikut untuk bisa menggunakan fitur Hide My Email di Mac yang belum menjalankan MacOS Monterey.

Cara Mengaktifkan Hide My Email via iCloud

  1. Buka icloud.com/settings atau icloud.com/mail di browser (via Mac, iPhone, atau iPad), lalu masuklah menggunakan Apple ID aktif yang Mama punya.
  2. Klik Account Settings.
  3. Scroll ke bawah hingga di bagian Hide My Email.
  4. Klik Manage.

  5. Akan terbuka menu baru berisi email address random yang telah Mama buat sebelumnya. Jika belum punya, Mama bisa membuat alamat email acak baru dengan klik pada tanda +
  6. Mama bisa menambahkan catatan di kolom label untuk mengingat akan dipakai untuk keperluan apa alamat email acak tersebut, misalnya: shopping, newsletter, sosmed baru, dll.
  7. Klik tombol Create Email Address untuk membuat email acak baru.


  8. iCloud akan memberitahukan sebuah email acak baru saja berhasil dibuat dan akan di-forward ke email personal Mama.
  9. Selanjutnya Mama bisa mengirim/membalas email di iCloud.com menggunakan random email address yang baru Mama buat.


Cara ini tergolong sedikit ribet ya Mams dibanding menggunakan Hide My Email di iPhone (iOS 15), di iPad (iPadOS 15) atau di Mail App di Mac yang telah menjalankan Monterey. Tetapi bagaimanapun cara ini cukup membantu Mama jika privasi memang menjadi hal penting yang Mama utamakan saat bekerja menggunakan Mac. 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama