Cara Memindah Posisi Dock di Mac (Kiri, Bawah, Kanan)



Berbeda dari Windows, komputer Mac memiliki sebuah komponen di Home screen yang disebut sebagai Dock. Seperti namanya, fungsi dock adalah untuk menempatkan sejumlah aplikasi sehingga memudahkan Mama mengaksesnya tanpa perlu membuka Launchpad.

Di Dock, secara default bisa ditemukan aplikasi-aplikasi bawaan Mac, seperti Safari, Music, Photos, Mail, dll. Selebihnya, Dock akan menampilkan aplikasi yang tengah aktif atau window tengah dalam kondisi terbuka.

Terletak di bagian paling bawah dari layar Mac, Dock akan tetap berada di sana terlepas dari aplikasi apapun yang tengah Mama buka. Meskipun Mama bisa menyembunyikan Dock tetapi MacOS akan kembali memunculkannya saat cursor Mama arahkan ke bagian bawah layar Mac.

Jika karena alasan kenyamanan ataupun selera, Mama bisa memindah letak Dock. Secara default Dock ditempatkan secara horisontal di sepanjang bagian bawah layar, Mama bisa memindahnya secara vertikal baik ke sisi kiri atau kanan layar Mac.

Cara memindah Dock di Mac

  1. Buka System Preferences dari Dock atau dari Apple menu sudut kiri-atas layar Mac. 
  2. Pilih Dock (atau Dock & Menu Bar)
  3. Pilih salah satu dari tiga opsi yang ada di Position on Screen: (1) Left, (2) Bottom, (3) Right.
  4. Perubahan posisi Dock akan langsung bisa dilihat saat Mama memilih salah satu dari tiga opsi di atas.


Sangat mudah bukan Mams cara memindah letak Dock di Mac? Kapanpun Mama bosan dengan tampilan Mac atau hanya sekedar ingin coba-coba tampilan baru Mac, ubah saja posisi Dock. Eh, jangan lupa ganti wallpaper ya Mams biar Mac terlihat fresh…

Cara mengganti letak Dock di Mac juga bisa Mama lihat melalui short video dari Youtube Channel Apple Mama berikut:




Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama