Cara Mematikan Auto-Correction dan Predictive Text di Keyboard iPhone, iPad


Fitur auto-correction di keyboard iPhone dan keyboard iPad dibuat untuk memudahkan Mama dalam mengetik. Tergantung bahasa yang Mama set untuk keyboard, fitur auto-correct akan mengoreksi kata yang Mama ketik ketika dijumpai kesalahan dalam ejaan.

Hal serupa juga berlaku untuk fitur predictive text. Seperti namanya, fitur predictive text di keyboard iPhone mampu memberikan prediksi kata apa yang bakal Mama ketik. Jika Mama telah cukup lama memakai fitur ini maka akan cukup banyak pula koleksi kata yang disimpan dalam keyboard dictionary. Itu karena keyboard mempelajari dan menyimpan apa yang biasa Mama ketik.

Tapi perlu diketahui juga kalau fitur auto-correction dan predictive text belum support Bahasa Indonesia. Setidaknya, belum di iOS 15.3 yang rilis di awal tahun 2022. Karenanya tidak heran kalau  bagi sebagian Mama, fitur auto-correction dan predictive text justru malah mengganggu.

Jika tidak sering mengetik dalam bahasa Inggris atau bahasa lain yang telah mendapat support, tentu saja lebih baik Mama mematikan fitur auto-correction dan predictive text di iPhone ya Mams. 

Cara mematikan fitur auto-correct dan predictive text di keyboard iPhone, iPad

  1. Buka Settings app di iPhone atau iPad.
  2. Tap General.
  3. Tap Keyboard.
  4. Arahkan toggle Auto-Correction ke arah OFF untuk mematikan.
  5. Lakukan hal yang sama pada toggle Predictive Text.


Dengan cara di atas, Mama telah berhasil menon-aktifkan fitur auto-correct dan predictive text dari keyboard iPhone. Jika suatu saat Mama berpikir untuk menggunakannya lagi, lakukan cara yang sama seperti di atas, lalu geser toggle ke arah ON. Atau, kalau dirasa custom words sudah terlalu banyak, Mama bisa menghapusnya lewat keyboard dictionary.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama