7 Cara Menghindari Online Scam di Mac


Online scam adalah ancama serius yang kerap menghampiri Mac. Ada bermacam model online scam yang sering dijumpai di Mac, serta tidak sedikit pula yang menjadi korban. Karenanya Mama perlu waspada setiap kali menggunakan Mac yang selalu terhubung ke internet. Ada beberapa cara yang bisa Mama lakukan untuk menghindari serangan online scam melalui Mac. Apa saja?

1. Pakai Safari

Bagaimanapun, software Apple adalah pilihan paling bijak untuk dijalankan di perangkat Apple. Meskpun ada banyak aplikasi browser alternatif Safari untuk Mac tetapi jaminan keamanan dan privasi saat browsing di Mac menggunakan Safari masih lebih baik dibanding menggunakan browser lain.

2. Pin tab

Untuk menghindari salah ketik URL yang berujung mengarah ke situs abal-abal, ada baiknya Mama pin website-website yang kerap Mama kunjungi. Dengan cara pin tab di Safari, dijamin Mama tidak akan tersesat dalam menemukan situs favorit. 

3. Situs dewasa dan download gratis

Mengakses situs dewasa dan situs-situs download lagu gratis bisa berujung fatal ya Mams. Itu karena kebanyakan situs dewasa dan situs download gratis didesain dengan banyak spot iklan yang tumpang tindih. Alih-alih iklan yang bermanfaat, situs dewasa dan download gratis justru berisi iklan-iklan yang berbau online scam. 

4. Sembunyikan IP address

Fitur Hide IP address akan sangat membantu jika Mama benar-benar khawatir tentang privasi. Bekerja seperti VPN, Hide IP address yang ada di MacOS Monterey (dan MacOS setelahnya) mampu menyembunyikan IP address saat browsing menggunakan Safari.

5. Update aplikasi

Saat salah satu aplikasi yang Mama gunakan di Mac memberitahu tentang adanya update, segeralah mengecek di Mac App Store. Biasakan untuk membaca perihal update yang bakal didownload ya Mams. Update penting yang harus segera Mama download dari sebuah aplikasi adalah update yang berisikan peningkatan security dan privasi. Jika ada update aplikasi berisi peningkatan security dan privasi, jangan ditunda download ya Mams!

6. Anti virus

Walaupun memiliki tingkat keamanan cukup baik terhadap serangan virus tetapi bukan berarti Mac bebas dari ancaman online scam, termasuk phising. Ada kalanya install sebuah anti-virus menjadi pilihan terbaik untuk menambah kekebalan Mac. Di dalam sebuah anti virus, umumnya sudah ada ad-blocker yang berfungsi memblokir iklan-iklan yang berpotensi sebagai scam.

7. Hide my email

Fitur Hide my Email bisa dipakai jika Mama telah upgrade ke iCloud+ dengan biaya berlangganan bulanan. Fitur untuk menyembunyikan email address menggunakan alamat email random ini akan menyelamatkan Mama dari serangan iklan atau email subscribe yang masuk ke inbox. Fitur Hide my Email bisa ditemukan Mac yang telah terupdate ke MacOS Monterey dan yang lebih baru, juga di iPhone yang telah menjalankan iOS 15 dan iPad dengan iPadOS 15.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama