TOP 3 Aplikasi Chatting untuk iPhone (2021)



Di era iPhone, pengertian komunikasi bisa beragam ya, Mams. Bukan hanya berbicara melalui sambungan telepon, tetapi juga via berbagai aplikasi yang tersedia di App Store. Bahkan, media sosial seperti Facebook, Twitter, juga Instagram telah menjadi sarana untuk berkomunikasi antar penggunanya. Melalui foto di Instagram, Mama bisa memberitahukan pada para follower tentang keindahan kota kelahiran Mama, misalnya. Ya, itulah bentuk komunikasi baru yang bisa jadi tidak terbayangkan di era orangtua kita dulu.

Juga, tidak bisa ditolak jika aplikasi chatting turut menjadi bagian penting dari komunikasi di iPhone yang Mama pakai saat ini. Bagaimana tidak, saat sambungan telepon susah dilakukan dengan berbagai alasan, aplikasi pengirim pesan adalah jalan keluar paling mudah sebagai sarana berkomunikasi. 

Di tahun 2021, saat pandemi Covid-19 masih berlangsung di seluruh bagian dunia, aplikasi chatting menjadi penolong banyak pihak, tidak hanya sebagai media berkomunikasi melakuk teks, tetapi juga berbagi kondisi kesehatan melalui foto dan video call. Bukan hanya antar dua pengguna, beragam aplikasi chat di iPhone menawarkan fitur video conference yang bisa diikuti banyak pengguna, seperti keluarga besar ataupun teman-teman kantor yang memilih bekerja di rumah.

Sementara Zoom masih memposisikan diri sebagai aplikasi wajib selama pandemi Covid-19 berlangsung, setidaknya ada tiga aplikasi chatting terpopuler sepanjang tahun 2021 untuk iPhone yang memudahkan berkomunikasi. Fitur yang berbeda tentunya menjadi daya tarik dan kekuatan setiap aplikasi pengirim pesan ini. Apa saja?

1. WhatsApp | download di App Store

Bisa disebut, WhatsApp adalah aplikasi sejuta umat tak lepas dari dukungan multi-platform yang ditawarkan. Yang dimaksud adalah kemudahan mengakses WhatsApp baik di iPhone, ponsel Android, juga WhatsApp web yang bisa dibuka via browser baik di komputer Mac ataupun Windows.

Diawali dari sebuah aplikasi chatting teks, WhatsApp kini telah berubah menjadi aplikasi yang menawarkan banyak fitur. Video call antar pengguna multi-platform adalah salah satu kelebihan WhatsApp yang tidak dijumpai di FaceTime bawaan iPhone. 

Meskipun FaceTime melalui iOS 15 sekarang telah bisa dipakai untuk video call dengan pengguna Android dan Windows, tetapi fitur yang dimaksud hanya bisa dipakai melalui browser yang ada di Android dan Windows mengingat Apple memang tidak (belum) merilis aplikasi FaceTime untuk Android ataupun versi desktop.

Di sisi lain, WhatsApp adalah milik perusahaan besar Meta yang menaungi Facebook dan Instagram. Fitur sinkronisasi antar Facebook, WhatsApp dan Instagram, alih-alih memudahkan pengguna justru mendatangkan kekhawatiran mengenai privasi. Sebut saja ketakutan pengguna akan 'dijualnya' data pribadi untuk kepentingan iklan di Facebook dan Instagram. 

2. Telegram | download di App Store

Aplikasi Telegram muncul saat dunia khawatir mengenai keamanan personal, tak lepas dari insiden Snowden yang menjadi buronan internasional sejak membocorkan dokumen rahasia CIA. Berbeda dari aplikasi chatting lain, Telegram menawarkan sistem privasi dan keamanan yang disebut jauh lebih baik.

Pesan yang Mama kirim dan terima akan dienkripsi secara end-to-end. Artinya, melalui fitur Secure Chat mode, Telegram memastikan pesan yang Mama kirim hanya bisa dibaca oleh Mama dan pihak penerima.

Seperti halnya WhatsApp, Telegram juga dibekali fitur group chat. Chatting dengan grup kantor, kampus, warga RT, bukan masalah ya Mams jika menggunakan Telegram. Itu karena Telegram mampu menampung anggota grup chat hingga 200 akun.

Satu hal yang menarik dari Telegram adalah adanya fitur Self Destruct. Fitur ini akan menghapus tanpa jejak pesan ataupun dokumen yang telah Mama kirim via Telegram. Yang tak kalah penting, Telegram adalah aplikasi pesan multi-platform yang tersedia untu iPhone ataupun Android.

3. iMessage

Dibuat oleh Apple dan dijalankan di perangkat Apple. Semua akan berjalan sempurna jika Mama menggunakan iMessage di iPhone atau iPad. Juga, iMessage bisa berjalan di komputer Mac. 

Dengan segala kelebihan iMessage dibanding SMS, Mama akan mendapatkan semua fitur aplikasi chatting yang memang diperuntukkan bagi smartphone. Berbagi Kontak, lokasi, mengirim foto, dokumen ataupun video, semua bisa dilakukan dalam iMessage.

Satu-satunya kelemahan iMessage adalah tidak adanya dukungan cross-platfom. Berbagi pesan dengan pengguna Android, misalnya, bakal dianggap sebagai pesan SMS. Namun kelemahan iMessage ini justru menjadi kelebihannya karena dengan hanya berkomunikasi antar pengguna Apple devices artinya keamanan sepenuhnya dijamin oleh Apple. Semua yang Mama kirim dan terima di iMessage telah dienkripsi oleh sistem Apple sehingga kecil kemungkinan data bocor ke pihak lain.

Mama bisa saja menggunakan hanya satu dari tiga aplikasi chatting populer tahun 2021 di atas. Tetapi jika karena kebutuhan, tidak ada salahnya Mama install ketiga aplikasi chat terpopuler tahun ini. iMessage, WhatsApp dan Telegram, semua memiliki kelebihan yang bakal memudahkan pekerjaan dan kehidupan Mama ;)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama