Ini 5 Keuntungan Berlangganan iCloud+ (iOS 15)



Ada beberapa hal yang bisa Mama lakukan jika kapasitas penyimpanan di iCloud telah penuh, salah satunya adalah dengan berlangganan iCloud+. Disebut sebagai iCloud Plus karena layanan ini tidak hanya menambah kuota iCloud dari gratisan 5GB menjadi 50GB, 200GGB atau bahkan 2TB tetapi ada beberapa fitur lain yang tidak bisa Mama dapatkan di versi iCloud gratisan. Bagi Mama yang telah menggunakan iPhone dengan iOS 15, atau iPadOS 15 di iPad, juga MacOS Monterey, fitur-fitur iCloud+ di bawah ini bisa Mama nikmati.

1. Private Relay

Saat Mama memutuskan berlangganan iCloud+ maka Mama akan mendapatkan layana Private Relay. Jika Mama memahami VPN, seperti itulah cara kerja iCloud Private Relay meskipun tidak sepenuhnya sama. Private Relay bekerja dengan cara menyembunyikan IP address yang Mama pakai di Apple device.

Seperti Mama tahu, hacker umumnya memanfaatkan IP address untuk membobol device kemudian membuat profile menyerupai Mama dan meniru hal-hal yang Mama lakukan di device dan IP address tersebut. Guna menghindari hal seperti itu, iCloud Private Relay dibuat.

Tetapi berbeda dari VPN, Private Relay hanya bisa menyembunyikan IP address di beberapa aplikasi saja, seperti Safari dan DNS queries. Di sisi lain, jika Mama menggunakan VPN maka semua aplikasi dan layanan yang Mama pakai di iPhone, misalnya, bakal terlindungi atau disembunyikan.

Meski terlihat masih jauh dari sempurna tetapi Mama bisa menaruh harapan besar pada iCloud Private Relay mengingat Apple saat ini (iOS 15) masih melabelinya sebagai produk beta. Artinya, perubahan dan update bakal terus diberikan hingga iCloud Private Relay sempurna digunakan di Apple devices.


2. Hide My Email

Seperti namanya, fitur yang ditawarkan iCloud+ ini mampu menyembunyikan email address yang Mama gunakan. Untuk apa fungsinya dan bagaimana cara kerja Hide My Email di iCloud Plus?

Hide My Email memungkinkan Mama menciptakan alamat email random (sembarang) yang selanjutnya di-forward ke email address yang Mama punya di iCloud. Dengan cara ini Mama bisa memakai random email address untuk berlangganan newsletter, mendaftar di aplikasi atau website, atau layanan online lain. Selanjutnya Mama bisa menghapus email random tersebut kapanpun Mama tidak lagi membutuhkannya sehingga tidak akan memenuhi inbox dengan berbagai update media sosial ataupun newsletter dari situs-situs yang pernah Mama akses menggunakan random email address.


3. Custom Email Domain

Dengan sebuah akun iCloud, Mama punya tiga email address yang bisa dipakai; @mac.com,@me.com dan @icloud.com. Bisa jadi Mama telah menggunakan ketiganya tetapi karena satu dan lain hal barangkali Mama ingin punya alamat email unik yang mewakili sebuah domain, seperti me@applemamax.com.

Bagi Mama yang sudah disibukkan dengan urusan kantor dan pekerjaan rumah, cukup berlangganan iCloud+ maka Mama bakal diberkan fitur membuat email adress dengan email hosting keren yang bisa Mama buat sendiri. Ini tentu saja lebih mudah daripada harus mendaftar dan membayar email hosting.

Tak hanya satu email adress unik ya Mams. Mama bisa mengajak teman atau saudara untuk membuat email adress dengan satu domain unik yang dibuat. Contoh: kakak@applemamax.com, adik@applemamax.com, ayah@applemamax.com, dst. Untuk mendapatkan sebuah nama domain unik tentu saja terlebih dulu Mama harus mendaftarkan nama domain dengan biaya cukup murah, Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu per tahun.

Jika Mama tertarik membuat custom email domain, langsung saja kunjungi www.icloud.com/settings/customdomain dengan login menggunakan Apple ID yang Mama miliki. Ikuti petunjuk yang tertera di sana.



4. HomeKit Secure Video

Layanan HomeKit Secure Video diberikan bagi Mama yang berlangganan iCloud+ dan ingin menjadikan rumah lebih aman dengan bantuan kamera CCTV.

Memasang kamera CCTV umumnya membutuhkan server untuk menyimpan video hasil rekaman CCTV. Jika Mama menggunakan jasa penyedia CCTV bernama ABC, misalnya, bisa jadi video CCTV akan disimpan di server milik ABC. 

Lain halnya jika Mama menggunakan layanan HomeKit Secure Video dari iCloud+ karena server Apple yang akan menyimpan video rekaman CCTV. Dalam hal ini video akan dianalisa dan dienkripsi di perangkat home hub yang ada di rumah Mama, seperti HomePod, Apple TV atau iPad. Selanjutnya video CCTV akan disimpan di iCloud yang menggunakan Apple ID milik Mama. Lebih aman, bukan?

iCloud mampu menyimpan video CCTV hingga 10 hari dan tidak perpengaruh pada kuota iCloud yang Mama beli. Besarnya kuota iCloud hanya berpengaruh pada jumlah kamera yang Mama pasang di rumah; 50GB untuk 1 kamera, 200GB untuk 5 kamera, sementara kuota iCloud 2TB tidak membatasi jumlah kamera yang Mama pasang.

5. Berhenti sewaktu-waktu

Layanan iCloud+ yang Mama beli melalui berlangganan bulanan tidak mengikat ya Mams. Artinya, Mama bisa menghentikan langganan iCloud+ sewaktu-waktu Mama tidak memerlukannya lagi.

Nah, dengan lima keuntungan di atas, pastinya Mama tidak ragu lagi jika ingin menambah kuota iCloud. Mau 50GB atau 2TB, Mama bakal bisa menikmati layanan yang diberikan Apple, yang tidak bisa dijumpai di iCloud versi gratisan.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama