iCloud Penuh? Ini 4 Hal yang Bisa Dilakukan



Dengan satu Apple ID Mama berhak mendapatkan iCloud gratis sebesar 5GB. Kapasitas penyimpanan online ini bisa Mama gunakan untuk menyimpan foto, dokumen, video, catatan, kontak, dll.

iCloud sebesar 5GB tidak terbatas di iPhone ya Mams. Mama bisa menggunakannya di iPad juga komputer Mac yang menggunakan Apple ID sama guna memudahkan dalam mengakses file yang sama antar perangkat Apple. Namun bagaimana jika iCloud telah penuh alias kuota sebesar 5GB telah habis untuk menyimpan berbagai data di iPhone, iPad juga Mac?


1. Upgrade iCloud+

Apple memberikan opsi upgrade iCloud untuk menambah kuota penyimpanan. Dalam hal ini namanya berubah menjadi iCloud+ karena Apple juga menambahkan beberapa fitur lain, termasuk Hide My Email, Private Relay dan HomeKit Secure Video. Fitur ini tidak akan Mama dapat di iCloud versi gratisan.

Untuk upgrade iCloud, Mama diberikan beberapa pilihan kapasitas penyimpanan. Pilih saja yang sesuai kebutuhan Mama: 50GB, 200GB atau bahkan 2TB. Biaya berlangganan iCloud+ akan dibebankan bulanan tetapi berlangganan iCloud+ bisa dihentikan sewaktu-waktu Mama tidak lagi membutuhkannya.


2. Download foto/video iPhone ke komputer

Jika opsi menambah kuota iCloud bukan menjadi prioritas, Mama bisa memindah isi iCloud ke komputer. Dalam hal ini download saja foto dan video yang umumnya menghabiskan kuota iCloud dalam jumlah besar.

Setelah berhasil download foto dan video dari iCloud ke komputer, baik Mac atau Windows PC, Mama bisa menghapus file yang sama di iCloud. Dengan demikian iCloud akan kembali kosong dan bisa Mama manfaatkan kembali untuk menyimpan data lain yang diperlukan.


3. Transfer foto/video dari iPhone ke Mac/PC

Jika Mama mengaktifkan backup iCloud maka tentu saja yang tersimpan di gallery iPhone, misalnya, juga akan tersimpan di iCloud. Dengan kata lain Mama memiliki koleksi foto dan video yang sama yang masing-masing tersimpan di iPhone dan di iCloud.

Untuk mengurangi beban iCloud, Mama bisa import foto dan video yang ada di iPhone ke komputer. Jika Mama menggunakan komputer Mac atau Windows, import foto dan video dari iPhone bisa dilakukan menggunakan kabel data yang sesuai. Setelahnya, Mama bisa menghapus data yang sama yang ada di iCloud. 


4.  Hapus Foto di iCloud

Foto dan video yang tersimpan di iCloud bisa Mama akses di iCloud.com baik lewat Mac atau Windows PC. Di sana bisa Mama lihat foto dan video yang juga tersimpan di Apple device yang Mama miliki yang menggunakan Apple ID yang sama; iPhone, iPad atau Mac.

Mama bisa klik di kategori file; video, portrait, screenshot, burst, dll. Dengan memeriksa setiap file berdasar kategori Mama bisa memilih file foto/video mana yang layak dihapus demi mengurangi beban iCloud. Kategori screenshot, misalnya, bisa Mama hapus dengan satu kali klik, Select All > delete.

Tak hanya foto dan video yang bisa Mama hapus dengan cepat di iCloud.com, Mama bahkan bisa dengan mudah dan ringkas menghapus nama-nama Contact di iPhone yang dobel atau tidak lagi Mama butuhkan.

Nah, sekarang Mama sudah punya gambaran jelas apa yang harus dilakukan jika iCloud telah penuh. Mau nambah kuota iCloud atau pilih opsi yang lain?

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama