Cara Menggunakan iMessage di Mac


iMessage memungkinkan Mama melakukan chat gratis. Meskipun gratis, tentu Mama harus punya perangkat Apple untuk bisa menggunakannya. Sebut saja sebuah iPhone, iPad atau juga komputer Mac. 

iMessage menggunakan aplikasi Messages yang telah terinstall di iPhone, iPad ataupun komputer Mac yang Mama miliki tanpa perlu download dari App Store. Sebagaimana SMS, aplikasi iMessage menggunakan nomor telepon selular sebagai identitas. Mama akan otomatis mengaktifkan iMessage saat login ke aplikasi Messages. Hal inilah yang jarang diketahui pengguna baru Apple device mengingat cara kerja iMessage akan terlihat seperti pesan SMS pada umumnya.

Yang membedakan iMessage dari SMS adalah (tentu saja) tingkat keamanannya. Itu karena Apple mengontrol seluruh enkripsi iMessage. Selain itu, pesan iMessage hanya bisa dikirim antar perangkat Apple. Jika Mama mengirim pesan ke perangkat selain Apple, misalnya smartphone Android, maka pesan akan secara otomatis terkirim sebagai SMS.

Untuk bisa menerima pesan iMessage di Mac sekaligus menerima panggilan telepon, Mama perlu mengaktifkan fitur message and call forwarding yang ada d iPhone. Selanjutnya ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk bisa mengirim pesan iMessage dari Mac ke perangkat Apple lain.

Cara mengirim pesan iMessage melalui Mac

  1. Di komputer Mac, Mama bisa langsung membuka aplikasi Messages yang ada di Dock ataupun Launchpad.
  2. Pastikan Mama menggunakan Apple ID yang sama di Mac dan iPhone.
  3. Buka aplikasi Messages.
  4. Di layar kiri-atas Mac, klik Messages > Preferences.



  5. Pilih beberapa opsi berikut:
    • Centang Enable Messages in iCloud untuk menyimpan pesan iMessage di iCloud.
    • Centang beberapa opsi di bawah You can be reached at untuk menentukan email address atau nomor ponsel yang bakal Mama pakai untuk pesan iMessage atau panggilan telepon.
    • Centang Send read receipts jika ingin orang lain melihat pesan yang mereka kirim telah Mama baca.
    • Centang Start new conversations from untuk menggunakan email address atau nomor ponsel yang bakal Mama pakai untuk menulis pesan baru. Note: opsi ini hanya aktif jika Mama menggunakan lebih dari satu alamat email atau nomor ponsel yang terdaftar di bawah "You can be reached for messages at."
Dengan cara di atas, Mama akan bisa mengirim dan menerima pesan iMessage dari Mac. Langsung buka saja aplikasi Messages yang ada di Mac dan mulailah mengirim atau membalas pesan. Perlu dicatat ya Mams, nama Kontak akan berwarna BIRU jika si penerima pesan menggunakan perangkat Apple. Sebaliknya, nama kontak/nomor ponsel akan berwarna HIJAU jika pesan yang dikirim berupa SMS alias dikirim ke perangkat selain Apple.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama