iOS 15: Cara Menggunakan Tab Group di Safari

image credit: apple


Dinamakan sebagai Tab Group, fitur baru Safari ini diperkenalkan melalui rilis iOS 15. Seperti namanya, Tab Group tentu saja bakal mengelompokkan banyak tab menjadi satu tab saja. Meski begitu, cara kerja fitur baru iOS 15 ini bukan semata-mata mengelompokkan tab ya Mams. 

Sebagai contoh, jika Safari yang ada di iPhone Mama saat ini telah berisi beberapa webpage yang terbuka melalui tab berbeda, maka secara otomatis Tab Group telah terbentuk. Sebut saja telah ada lima (5) tab yang terbuka maka Tab Group otomatis akan bernama 5 Tabs. 

Selanjutnya Mama bisa membuat Tab Group baru berisi webpage lain dan menamainya sesuai selera. Sebagai contoh, sebuah Tab Group yang Mama namai Cooking bisa berisi banyak tab webpage tentang resep masakan. Di sisi lain, tab Group bernama 5 Tabs yang berisi lima webpge random tetap tersimpan di Safari.

Dengan cara ini selain tampilan lebih ringkas, juga akan lebih mudah bagi Mama menemukan tab yang diinginkan, berdasarkan nama grup atau kategori yang Mama buat. 

Cara membuat Tab Group Safari di iOS 15

  1. Buka Safari app.
  2. Buka blog applemamax.com
  3. Swipe di sembarang tempat untuk memunculkan icon Tab Group berupa dua persegi yang ditumpuk yang ada di bawah address bar Safari. Tap pada icon Tab Group.

  4. Dalam bentuk thumbnail, diperlihatkan semua webpage yang terbuka di Safari. 
  5. Tekan dan tahan salah satu thumbnail, dalam hal ini yang dimaksud adalah thumbnail untuk webpage applemamax.com
  6. Tap Move to Tab Group.
  7. Pilih New Tab Group untuk membuat grup baru.


  8. Namai grup tab, misalnya Tech
  9. Tab Save.

Dengan cara di atas Mama bisa membuat banyak tab di Safari jika memang kebutuhan untuk browsing di iPhone cukup tinggi. Untuk mengakses sebuah webpage di Safari di iOS 15, tentu saja Mama barus menentukan dalam grup mana webpage tersebut berada. Ketika mengakses sebuah webpage yang ada di grup Cooking, misalnya, semua webpage yang ada di grup tab lain akan disembunyikan. 

Selanjutnya, ketika ingin membuka blog applemamax, misalnya, karena telah tersimpan di grup bernama Tech, Mama hanya perlu mengakses grup tab bernama Tech. Semua webpage yang Mama kelompokkan dalam Tech akan ditampilkan, tidak dengan halaman-halaman web berisi resep masakan yang ada di grup Cooking atau grup lainnya.

Cara mengakses webpage di Tab Group Safari di iOS 15

  1. Buka Safari.
  2. Scroll di sembarang bagian untuk memunculkan address bar. 
  3. Tap di icon Tab Group di bawah address bar.
  4. Akan muncul nama grup tab yang aktif, tap di tanda panah ke bawah untuk melihat grup tab lainnya.
  5. Pilih grup yang Mama inginkan. Tap Done.

  6. Akan ditampilkan thumbnail dari halaman-halaman webpage yang terbuka di grup yang telah Mama pilih di langkah #5.
  7. Tab di salah satu thumbnail untuk menampilkan laman web yang Mama maksud.

Lalu, apakah bisa sebuah webpage yang ada di sebuah Tab Group dipindah ke Tab Group lain? Jawabnya bisa ya Mams. Sebagai contoh, jika Mama salah memasukkan satu webpage ke dalam grup Tech padahal itu adalah web resep masakan, maka Mama bisa memindahnya ke grup Cooking.

Cara memindah webpage dari satu grup tab ke grup tab lainnya

  1. Buka Safari app.
  2. Tab icon Tab Group berupa dua persegi yang ditumpuk yang ada di bawah address bar Safari.
  3. Dalam bentuk thumbnail, diperlihatkan semua webpage yang terbuka di Safari. 
  4. Tekan dan tahan salah satu thumbnail webpage yang akan dipindah ke grup lain.
  5. Tap Move to Tab Group.
  6. Pilih nama grup lain yang ada di daftar. 
  7. Tab Done.
Meski terlihat rumit tetapi penggunaan fitur baru iOS 15 berupa Tab Group bakal memudahkan Mama menggunakan Safari, terutama jika keseharian Mama menggunakan Safari di iPhone untuk mengakses banyak situs berbeda. Tetapi tentu saja selalu ada pilihan jika Mama anggap fitur baru iOS 15 ini cukup merepotkan. Langsung saja beralih ke mobile browser pengganti Safari yang banyak tersedia di App Store :)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama