Cara Mendapatkan Macro Mode Seperti di Kamera iPhone 13 Pro


Ultra wide camera yang menjadi andalan iPhone 13 Pro rilisan tahun 2021 punya kemampuan yang tidak dimiliki iPhone model lain. Fitur yang dimaksud adalah Macro Mode. 

Fitur ini keren banget ya Mams, terutama bagi Mama yang mencintai mobile photography. Bagaimana tidak, hasil foto berjarak 2 cm dari lensa kamera ke subyek foto bisa dibuat dengan hasil detil sekaligus tajam. Setelah memotret, bisa langsung di-share di Instagram, kirim via chat atau email, juga ke akun media sosial lain yang Mama punya. Sangat gampang!

Kemampuan iPhone 13 ini tentu saja membuat iri ya Mams. Sebut saja Mama baru membeli iPhone 11, eh iPhone 13 Pro muncul dengan Macro Mode. Nyesel gak sih Mams…. Terlebih, meski diusung oleh iOS 15, tetapi faktanya Macro Mode tidak kompatibel dengan lensa kamera rilisan sebelum iPhone 13 Pro. Duh!

Tapi, selalu ada jalan menuju Roma ya Mams. Tanpa jailbreak maupun trik tertentu, semua tipe iPhone yang telah dilengkapi Neural Engine, bakal bisa dipakai untuk memotret makro. Yang dimaksud adalah iPhone 8 dan model iPhone yang dirilis setelahnya. 

Bernama Halide, aplikasi fotografi ini sudah cukup populer di kalangan pengguna iPhone. Fitur utama yang ditawarkan oleh Halide adalah Macro Mode, persis seperti fitur yang menjadi andalan kamera iPhone 13 Pro.

(tiga tipe image yang dihasikan satu jepretan macro mode Halide)

Cara kerja aplikasi Halide adalah dengan terlebih dulu mengecek lensa kamera di iPhone yang Mama pakai, untuk kemudian dipilih lensa yang paling dekat dengan subyek untuk digunakan. Hasilnya tentu saja adalah foto makro yang tajam sementara sebuah fitur AI yang juga diusung Halide bakal mempertajam detil foto setelah foto diambil. 

Cara menggunakan Macro Mode di iPhone dengan Halide app

  1. Buka aplikasi Halide di iPhone. 
  2. Tap AF mode untuk beralih ke manual focus. 

  3. Tap ikon bunga
  4. Arahkan subyek yang akan difoto ke viewfinder
  5. Gunakan Macro Focus Dial untuk mengatur fokus.
  6. Tap Shutter untuk memotret. 
Menggunakan Halide, sekarang Mama bisa mendapatkan fitur secanggih kamera iPhone 13 Pro di iPhone lawas, termasuk iPhone 8. Bagi Mama yang sudah punya iPhone 13 Pro, aplikasi Halide bakal memberikan kemampuan tambahan dalam hal memperbesar subyek untuk mendapatkan tampilan jarak dekat yang lebih baik. 

Dengan kemampuan sekeren itu tentu saja ada harga yang harus dibayar untuk mendapatkan fungsi makro di dalam Halide. Di App Store, Mama bisa download dan install Halide untuk iPhone dengan biaya berlangganan Rp 49 ribu per bulan atau Rp 189 ribu per tahun. Berlangganan app atau game di App Store bisa dihentikan sewaktu-waktu ya Mams. Jika ingin membeli sekali tanpa harus terbebani biaya berlangganan, Halide for iPhone bisa ditebus seharga Rp 799 ribu.

Tetapi, meskipun Halide memiliki fitur keren yang memungkinkan iPhone lawas bisa menggunakan macro mode layaknya iPhone 13 Pro, bisa saja Mama tidak menjatuhkan pilihan pada Halide karena beberapa alasan, termasuk harga. Nah, selain Halide, aplikasi fotografi apa yang Mama pakai untuk meningkatkan fungsi kamera di iPhone lawas agar setara dengan iPhone 13 Pro yang dilengkapi fitur macro mode?

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama