Cara Baru Multitasking di iPad (iPadOS 15)

(tampilan Split View di iPadOS 15)


Disebut sebagai Split View, fitur ini telah lama ada di iPad namun mendapatkan pembaruan cukup menonjol di iPadOS 15. Pada dasarnya, Split View akan membagi layar besar iPad menjadi dua bagian secara horisontal (kanan dan kiri) yang memungkinkan Mama menampilkan dua aplikasi bersamaan. Meski telah ada di iPadOS 14 tetapi fitur Split View di iPadOS 15 akan jauh lebih gampang diakses, bahkan cukup dengan sekali tap saja tanpa perlu menggeser app window seperti sebelumnya. Juga, Split View di iPadOS memungkinkan satu aplikasi ditumpuk di aplikasi lainnya.

Split View di iPad bakal sangat membantu banyak pekerjaan yang sering Mama lakukan di iPad. Sebut saja jika Mama adalah seorang penerjemah, maka mengetik di aplikasi menulis di iPad akan lebih mudah sembari menampilkan teks asli yang akan Mama terjemahkan. Sebagai contoh, Mama bisa membuka file PDF dari teks asli yang merupakan buku berbahasa Inggris, kemudian gunakan fitur Split View untuk membuka sebuah aplikasi menulis guna mengetik hasil terjemahan dalam Bahasa Indonesia. iPad yang telah menjalankan iPadOS 15 akan menampilkan file PDF bersebelahan dengan aplikasi menulis sehingga Mama tidak perlu bolak-balik berganti aplikasi menggunakan app switcher. Tambahan opsi baru di iPadOS 15, Mama bisa meletakkan file PDF di atas, misalnya, di bagian bawah sementara aplikasi menulis menumpuk di atasnya.

Perlu dicatat kalau belum semua apps mendukung fitur Split View di iPad ya Mams. Untuk mengetahui sebuah aplikasi bisa dipakai untuk Split View di iPad, Mama buka saja aplikasi yang Mama maksud. Selanjutnya perhatikan di bagian atas aplikasi, tepat di tengah, akan terlihat icon 3-titik. Jika sebuah aplikasi yang terbuka tidak menampilkan icon 3-titik maka bisa dipastikan app tersebut belum support Split View ya Mams.

Cara membagi layar iPad untuk multitasking di iPadOS 15

  1. Buka sembarang aplikasi yang ingin Mama pakai. Contoh: Safari.
  2. Tap icon 3-titik yang ada di bagian atas. 

  3. Akan muncul 3 opsi: 
    - Full Screen: seluruh aplikasi bisa dilihat dan diakses di seluruh bagian layar iPad.
    - Split View: screen iPad dibagi dua sama lebar. 
    - Slide Over: satu aplikasi akan terbuka full screen sementara aplikasi kedua akan ditampilkan menumpuk di atasnya dengan ukuran lebar lebih kecil.


  4. Saat Mama memilih opsi kedua/tengah (Split View) maka aplikasi pertama yang telah terbuka (Safari) akan bergeser ke bagian kiri layar iPad. Selanjutnya Mama diminta membuka aplikasi kedua, sebut saja Books app. 

  5. Selanjutnya secara otomatis aplikasi Books akan terbuka di bagian kanan layar iPad sehingga Safari dan iPad sekarang terbuka bersama dengan ukuran lebar yang sama. Mama bisa mengubah ukuran lebar app di Split View dengan cara menggeser panel yang ada di bagian tengah layar. 

  6. Jika Mama tap pada opsi ketiga (icon paling kanan) yaitu tampilan Slide Over, maka aplikasi pertama (Safari) akan bergeser ke kanan dan akan menempel dan menumpuk di atas aplikasi kedua (Books). Selanjutnya jika dirasa Safari menutupi konten yang tengah Mama baca di Books, Mama bisa memindah Safari ke bagian kiri layar iPad. Cukup gunakan satu jari untuk tarik dan tahan, lalu lepaskan. 

    (Slide Over: Safari menempel di atas Books app)

Cara menghilangkan Split View agar aplikasi kembali ke tampilan normal

  1. Tap icon 3-titik yang ada di bagian atas aplikasi yang akan Mama pakai. 
  2. Tap opsi di urutan paling kiri yaitu Full Screen. 
  3. Atau, saat dua aplikasi berada di opsi Split View (terbagi dua tidak menumpuk), tap panel di bagian tengah yang memisahkan dua aplikasi, lalu geser ke kanan/kiri hingga salah satu app hilang dari screen iPad. 
Bagi Mama yang selalu mengandalkan iPad untuk pekerjaam sehari-hari, cara baru multitasking yang ditawarkan iPadOS 15 ini tentu terasa jauh lebih gampang jika dibanding fitur Split Screen di iPadOS 14. Membuka aplikasi email di iPad, misalnya, akan bisa dilakukan berbarengan dengan membuka Safari, Notes, atau aplikasi lain yang telah mendukung Split View di iPad. Tidak sulit kok Mams, coba saja sekarang untuk menikmati kemudahan mengakses iPad menggunakan fitur Split View!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama