Cara Baru Melihat Detil Foto di iPhone (iOS 15)



Di iOS 14 dan sebelumnya, melihat detil informasi sebuah foto di iPhone atau iPad cukup ribet ya Mams. Itu karena ukuran (MB) ataupun dimensi (panjang, lebar) sebuah image yang tersimpan di iPhone tidak bisa dilihat langsung melalui Photos app. Ada beberapa cara untuk melihat dimensi dan detil lain dari sebuah foto di iPhone, yang semuanya dilakukan di luar Photos app. Kabar baiknya, iOS 15 hadir dengan kemampuan melihat detil informasi dari sebuah image langsung di dalam Photos app. 

Ya, tentu saja ini adalah terobosan yang lama ditunggu pengguna iPhone. Artinya, Mama tidak perlu lagi mengandalkan Google Photos atau aplikasi metadata untuk melihat berapa megayte sebuah foto selfie yang baru Mama bikin di iPhone.

Sekedar flashback, iOS 14 memungkinkan Mama melihat ukuran dan dimensi sebuah image (foto, screenshot, dll) melalui aplikasi Files. Selain cukup ribet, aplikasi Files juga tidak menampilkan banyak informasi mengenai sebuah image. Karena alasan itupula banyak bermunculan aplikasi foto yang mampu memberikan detil info tentang sebuah image, termasuk untuk kebutuhan fotografi profesional.

Yang menarik, iOS 15 memberikan informasi yang cukup lengkap tentang sebuah image. Yang tak kalah penting, Mama tidak perlu ribet copy foto ke Files app karena detil foto bisa langsung dilihat di dalam aplikasi Photos. 

Cara melihat ukuran dan detil fotografi lain di iOS 15

  1. Buka Photos app.
  2. Tap sebuah image/video yang ingin dilihat detil informasinya.
  3. Swipe ke atas dari foto/video yang ditampilkan. Atau, tap pada icon huruf i dalam lingkaran yang ada di bawah foto. 


  4. Di sana bisa Mama lihat detil image, seperti:

    • Tanggal foto dibuat  
    • Perangkat yang dipakai 
    • Jenis file
    • Dimensi panjang dan lebar
    • Ukuran file
    • Lokasi foto
    • Dan beberapa detil fotografi seperti aperture, ISO, shutter speed, diafragma.

Selain info image yang cukup detil, informasi lain bisa ditambahkan secara manual. Yang dimaksud adalah lokasi pemotretan. Untuk menambahkan lokasi, tap di Add a Location, Mama akan diarahkan pada kolom pencarian. Hasil pencarian lokasi akan muncul secara real-time seiring Mama mengetikkan huruf.

Ada pula koreksi tanggal, jika dirasa waktu saat mengambil foto kurang tepat. Tap pada Adjust, akan diarahkan pada kalender untuk menentukan tanggal beserta waktu yang telah dikoreksi.

Ya, ini adalah perubahan besar yang diusung iOS 15 untuk Photos app. Jika iPhone yang Mama gunakan belum terupdate ke iOS 15, sekaranglah saatnya Mama mengecek adanya update iOS agar bisa mendapatkan fitur-fitur baru yang sebelumnya tidak ada di iPhone dan iPad. Update yuk!


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama