2 Cara Memindah Address Bar Safari ke Atas (iOS 15)



Seperti Mama tahu, iOS 15 membawa banyak perubahan dan fitur baru bagi iPhone. Selain dibekali cara refresh yang jauh lebih cepat dan mudah dibanding Safari versi lama, salah satu hal menonjol lain adalah perubahan pada tampilan Safari. Secara kasat mata bisa dilihat kalau adress bar atau kolom pencarian di Safari telah berpindah letak.

Ya, di iOS 15 (juga di iPadOS 15 dan MacOS Monterey), Apple telah memindah posisi address bar Safari ke bagian bawah layar. Di iOS 15. Bukan tanpa alasan, perpindahan letak address bar Safari ini akan sangat bermanfaat saat Mama mengoperasikan iPhone dengan satu tangan. Namun jika Mama merasa tidak nyaman atau belum terbiasa dengan desain baru Safari, Mama tetap bisa mengembalikan kolom pencarian Safari ke bagian atas layar. 

Untuk bisa memindah address bar Safari kembali ke bagian atas layar iPhone, Apple setidaknya menyediakan dua metode yang bisa Mama pakai. Yang pertama, address bar bisa langsung dipindah langsung dari dalam Safari. Cara kedua adalah melalui aplikasi Settings, tempat semua pengaturan yang ada di iPhone berpusat.

1. Mengembalikan posisi address bar langsung dari dalam Safari

  • Buka Safari.
  • Tap icon Aa yang ada di sebelah kiri address bar.
  • Pilih Show Top Address Bar.


2. Mengembalikan posisi address bar Safari via Settings

Selain cara di atas, menempatkan address bar Safari kembali ke posisi atas bisa dilakukan melalui aplikasi Settings.

  • Buka Settings app.
  • Scroll ke bawah, tap Safari.
  • Di bawah TABS: Ubah Tab Bar menjadi Single Tab.

Cukup mudah bukan Mams cara mengembalikan letak address bar Safari di iOS 15? Selain letak address bar Safari yang berpindah posisi, Apple tetap mempertahankan fitur-fitur keren Safari yang sebelumnya telah ada di iOS 14. Fitur keren yang dimaksud termasuk menerjemahkan web langsung dari dalam Safari, menutup banyak tab Safari dalam satu langkah cepat, juga menyimpan seluruh tampilan sebuah web di Safari dalam bentuk PDF.

Namun jika semua fitur keren Safari di iPhone dan iPad tersebut belum mampu membuat Mama tertarik menjadikan Safari sebagai browser default, Mama selalu punya pilihan untuk install browser lain pengganti Safari di iPhone atau iPad. Pilihan ada di tangan Mama!

Silakan lihat juga short video darinYoutube Channel Apple Mama berikut untuk lebih tahu mengenai cara memindah address bar Safari di iPhone:



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama