iPhone Lemot? Begini Cara Super Cepat Membersihkan RAM



Sebelum memuli membersihkan RAM, Mama perlu tahu apa sih RAM itu? Merupakan singkatan dari Random Access Memory, Mama barangkali lebih mengenalnya sebagai 'memory' saja. RAM bertanggung-jawab atas seluruh proses yang dilakukan di dalam iPhone, termasuk menjalankan aplikasi, games, juga memutar musik. Jika terlalu banyak hal yang dikerjakan RAM, jangan heran kalau iPhone yang Mama pakai jadi lemot ataupun sebagian aplikasi tidak berjalan normal.

Jika iPhone mulai lemot dan aplikasi mulai error, artinya Mama perlu segera membersihkan memory iPhone. Membersihkan RAM iPhone ibaratnya seperti memmbersihkan selokan yang mampet ya Mams. Jadi, yang dibersihkan hanyalah hal-hal yang tidak berguna alias sampah saja sementara informasi penting, termasuk games, aplikasi ataupun timbunan foto yang ada di iPhone akan tetap tersimpan di sana. Setelah semua informasi tidak berguna yang tertimbun di iPhone dibersihkan, dijamin iPhone milik Mamam tidak akan lemot lagi.

Di iPhone, membersihkan RAM bisa dilakukan dengan force restart iPhone guna meringankan kerja RAM. Bayangkan setelah iPhone dipakai sekian lama dengan banyak aplikasi terinstall, tak dipungkiri crash, error ataupun freeze bisa saja terjadi. Tanpa terjadi masalahpun sebaiknya Mama melakukam restart iPhone secara berkala agar kinerja iPhone kembali segar. 

Apple membekali kemampuan bawaan untuk restart iPhone. Karenanya Mama perlu tahu tipe iPhone yang Mama pakai karena tergantung dari model atau tipe iPhone (dan iPad), metode force restart berbeda caranya. Yang menarik, ada satu cara mudah yang bisa Mama coba jika cara restart default Mama rasa terlalu sulit dilakukan, karenan memerlukan dua tangan untuk memencet beberapa tombol fisik di iPhone.

Cara cepat membersihkan memory iPhone

  1. Buka Settings app.
  2. Tap Accessibility.
  3. Tap Touch.


  4. Tap Assistive Touch, arahkan toggle ke arah ON.
  5. Di bawah custom actions, set salah satu action untuk RESTART.

Dengan cara di atas, saat Mama ingin membersihkan RAM, Mama cukup mengakses Assistive Touch yang melayang di layar iPhone (atau iPad). Tekan saja sesuai setting yang Mama buat di langkah nomor 5. Sebagai contoh, jika Mama telah mengeset Long Press untuk Restart maka cukup tekan dan tahan Assistive Touch, iPhone akan melakukan force restart tanpa perlu menekan tombol fisik kanan dan kiri. Sangat mudah dan cepat bukan, Mams?

Menggunakan cara yang sama seperti di atas, jika sebelumnya Mama telah mengaktifkan seluruh custom actions untuk berbagai fungsi kecuali Restart, maka tentu saja Mama harus mengganti salah satunya ke opsi Restart. Sebagai contoh, jika sebelumnya Long Press telah Mama set untuk Screenshot maka Mama harus menggantinya ke pilihan Restart. Nantinya Mama bisa mengembalikan fungsi yang sama setelah melakukan Restart. Atau, Mama bisa menggunakan cara cepat screenshot menggunakan Back Tap, yaitu dengan cara mengetuk bagian belakang iPhone.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama