iOS 15: Mematikan Permanen Fitur Night Mode di Kamera iPhone


iOS 15 yang rilis tahun 2021 ini mengusung sejumlah fitur keren, yang pastinya belum pernah ada di rilisan iOS sebelumnya. Salah satu fitur keren iOS 15 yang layak disoroti ada di Camera app.

Adanya sensor cahaya yang dipasang di iPhone menjadikan kamera iPhone cukup pintar dalam mengenali kondisi pencahayaan. Dalam hal ini kamera bakal otomatis mengaktifkan fitur Night Mode saat Mama mencoba memotret di kondisi pencahayaan rendah. Dengan begitu subyek yang Mama incar akan bisa ditampilkan dalam warna yang alami.

Namun tentu saja fitur otomatis Night Mode di kamera iPhone tidak bisa memenuhi harapan setiap penggunanya ya Mams. Ada kalanya Mama memang ingin memotret dalam kondisi pencahayaan rendah untuk mendapatkan kesan redup ataupun misterius. Dalam hal ini hadirnya fitur otomatis Night Mode bisa sangat mengganggu karena fitur ini akan secara langsung mengaktifkan flash ketika kamera dipakai dalam atau luar ruang yang dinilai kurang cayaha.

Untuk mematikan fitur otomatis Night Mode di kamera iPhone sebenarnya cukup mudah ya Mams. Tinggal tap saja tombol Night Mode berwarna kuning maka mode malam di kamera akan mati. Masalahnya, saat Mama keluar dari aplikasi Kamera lalu kembali membukanya untuk memotret subyek lain, fitur otomatis Night Mode akan kembali aktif begitu mendeteksi kondisi pencahayaan yang rendah.

Tapi jangan khawatir ya Mams karena Apple akan selalu punya solusi untuk setiap kemungkinan fitur yang tidak diinginkan penggunanya, termasuk mematikan fitur Night Mode secara permanen di kamera iPhone, yang tidak bisa dilakukan di iOS 14.

Cara mematikan permanen Night Mode di kamera iPhone di iOS 15

  1. Buka Settings app.
  2. Tap Camera.
  3. Tap Preserve Settings.
  4. Arahkan toggle Night Mode ke arah ON (berubah hijau).

Dengan cara tersebut, Camera app akan mengingat kalau terakhir kali Mama mengaktifkan kamera, Night Mode telah Mama matikan. Dengan begitu, Night Mode yang biasanya otomatis aktif tidak akan aktif lagi kecuali Mama mematikan toggle Night Mode di langkah nomor 4 di atas. 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama