Cara Memasukkan Tanggal Lahir di Kontak iPhone



Kata orang, seiring bertambah usia maka semakin berkurang jumlah teman dalam hidup kita. Yang dimaksud teman dalam hal ini adalah orang-orang yang kerap Mama hubungi atau menghubungi Mama, sekedar ngobrol, curhat atau makan siang bersama. Apa benar begitu, Mams?

Di era serba digital seperti sekarang, ditambah lagi munculnya pandemi Covid-19 yang belum usai, kuantitas pertemuan dengan teman memang sangat berkurang ya Mams. Bertegur sapa cukup dilakukan secara virtual, makan bersama di tempat umum juga turut dibatasi ruang dan waktu. Tapi bukan berarti itu semua menjadi penyebab Mama melupakan kawan-kawan yang sebelumnya sangat akrab. 

Salah satu cara menjaga kualitas pertemanan adalah dengan mengucapkan selamat sekaligus doa di hari bahagia kawan-kawan Mama, apalagi kalau bukan hari lahir mereka. Meskipun jarang bertemu karena kesibukan masing-masing, setidaknya dengan mengingat hari lahir dan mengucapan selamat ulang tahun disertai harapan yang baik bakal menjadi tanda kalau Mama tidak melupakan teman-teman Mama. Namun, bagaimana cara mengingat tanggal lahir kawan-kawan yang jumlahnya sangat banyak di kontak iPhone?

Cara memasukkan tanggal lahir di kontak iPhone

  1. Buka aplikasi Contacts di iPhone, atau
  2. Buka aplikasi Phone, pilih Contact di bagian bawah.
  3. Pilih nama kontak yang akan ditambahkan hari lahirnya.
  4. Tap Edit di bagian kanan-atas layar iPhone.
  5. Scroll ke bawah, tap add birthday.
  6. Masukkan tanggal, bulan dan tahun kelahiran kontak yang telah Mama pilih.


Selanjutnya Mama perlu mengaktifkan kalender ulang tahun agar data yang telah Mama masukkan di kontak bisa muncul di Calendar app dan menjadi pengingat saat ada kawan Mama yang bakal merayakan ulang tahunnya.

Cara mengaktifkan kalender ulang tahun di iPhone

  1. Buka Calendar app.
  2. Tap Calendars di bagian bawah.
  3. Scroll ke bawah, pastikan opsi Birthday telah aktif dengan cara dicentang.
  4. Tap Done.


Dengan cara di atas, setiap nama kontak yang telah memiliki data hari lahir akan otomatis muncul di kalender. Tak hanya itu, Mama juga bisa melihat usia kawan-kawan Mama berdasarkan tanggal lahir yang telah Mama masukkan di Contacts. Selanjutnya Mama perlu melakukan sedikit pengaturan agar iPhone bisa memberikan notifikasi saat ada kawan di kontak yang akan merayakan hari lahir mereka.  Klik di sini untuk mengetahui cara memunculkan notifikasi kalender ulang tahun di iPhone.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama