Cara Mengecek Keamanan Keychain Password di iPhone, iPad


Setiap akun yang Mama punya pastinya butuh nama ID dan password. Menggunakan password yang sama untuk akun yang berbeda tentu bukan pilihan bijak ya Mams mengingat kejahatan di dunia maya yang mengancam sewaktu-sewaktu. Sebaliknya, membuat password rumit berbeda untuk masing-masing akun akan cukup merepotkan untuk diingat. 

Untungnya Mama pengguna iPhone, iPad ataupun Mac tidak perlu repot install aplikasi pencatat password. Faktanya, peoduk Apple telah dibekali sistim pembuat password yang nantinya saat Mama akan login ke sebuah akun, tinggal pencet saya password yang telah tersimpan di iCloud. 

Disebut sebagai Keychain Password, sistem ini bisa Mama pakai saat membuat sembarang akun di Safari atau di aplikasi apapun yang telah Mama install di iPhone atau iPad. Nantinya password yang telah dibuat akan disimpan di iCloud. Dengan demikian saat Mama membuka Instagram di Mac melalui Safari, misalnya, password yang telah disimpan di iPhone akan bisa diakses lewat Mac. 

Yang lebih penting, Safari tidak hanya menciptakan password rumit menggunakan teknik kriptografi tetapi juga menjaga keamanan password tersebut.  

Cara mengecek keamanan password di iPhone, iPad

  1. Di iPhone atau iPad, buka Settings app.
  2. Scroll ke bawah, tap Passwords
  3. Tap Security Recommendations. 
  4. Geser slider Detect Compromised Passwords ke arah ON.

Jika langkah untuk mendeteksi keamanan password di iPhone atau iPad telah Mama pilih maka saat salah satu password yang tersimpan diretas atau digunakan pihak lain, Mama akan diberitahu. Selanjutnya Mama diminta untuk mengganti password langsung di website terkait. Jika Mama memilih opsi ini maka akan diarahkan ke browser untuk langsung mengganti password. 

Tidak hanya di iPhone dan iPad ya Mams. Mengecek keamanan password yang Mama pakai di banyak media sosia ataupun akun lainnya bisa dilakukan di komputer Mac. Di Mac, Mama bahkan akan diberi-tahu saat password yang Mama simpan terlalu mudah ditebak ataupun dipakai oleh pihak lain.



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama