Begini Cara Masuk ke Recovery Mode di Mac


Di iPhone dan iPad, masuk ke recovery mode berbeda caranya tergantung dari model iPhone atau iPad yang Mama gunakan. Di komputer Mac, secara umum recovery mode bisa dilakukan dengan cara sama tidak bergantung pada model Mac yang dipakai.

Namun sebelum tahu cara masuk ke recovery mode di komputer Mac, ada baiknya Mama tahu fungsi dari recovery mode. Selain itu Mama juga harus tahu apa saja yang akan bisa Mama lakukan saat telah masuk ke recovery mode di Mac.

Yang bisa dilakukan di recovery mode Mac

  • menghapus boot drive
  • menjalankan Disk Utility untuk repair boot drive yang telah dihapus.
  • mengatasi masalah yang muncul saat Mac startup
  • install macOS ke versi yang lebih lama
  • mengeset Mac agar bisa  booting dari drive eksternal

Setelah mengetahui kegunaan recovery mode di Mac, sekarang saatnya Mama juga tahu cara masuk ke recovery mode. Jika Mama menggunakan MacBook Pro atau MacBook Air, masuk ke recovery mode bisa dilakukan dengan memanfaatkan keyboard. Tetapi jika menggunakan iMac, disarankan untuk menggunakan keyboard yang terhubung USB, bukan wireless keyboard.

Cara masuk ke recovery mode di komputer Mac

  1. Restart Mac.
  2. Tekan tombol di keyboard bersamaan : Command dan R
  3. Segera lepaskan saat muncul logo Apple.
Jika ini adalah kali pertama Mama mencoba masuk ke recovery mode, bisa jadi Mama akan gagal. Itu karena cukup sulit menemukan 'timing' yang tepat saat menekan tombol Command R. Saat gagal, yang terjadi adalah Mama kembali masuk ke sistem MacOS atau dengan kata lain yang Mama lakukan adalah sekedar restart Mac. Coba lagi ya Mams...

Jika masih belum berhasil, lakukan trick berikut:

Bukan restart, tapi cobalah ShutDown Mac. Saat proses berjalan, tekan tombol Power lalu lanjutkan dengan menekan tombol Command R di keyboard.

Jika karena suatu hal Mama tidak bisa melakukan restart dari Apple menu (misal, karena Mac freeze), tekan saja tombol Power selama beberapa detik hingga Mac mati. Tunggu beberapa saaat, kembali nyalakan Mac lalu tekan tombol Command dan R di keyboard.

Setelah masuk ke recovery mode, apa yang dilakukan?
Jangan kaget ya Mam kalau tampilan layar Mac tidak menunjukkan wallpaper seperti sebelumnya. Di recovery mode, Mac hanya menampilkan beberapa hal inti yang bisa Mama pilih untuk memperbaiki kinerja Mac, yaitu:

  1. Restore from Time Machine Backup,
  2. Reinstall macOS
  3. Get Hel Online,
  4. Disk Utility.

Di opsi nomor empat, Disk Utility, Mama bisa memilihnya untuk mengatasi masalah pada drive. Setelah proses selesai (dengan mengikuti petunjuk di layar) dan drive dinyatakan baik-baik saja, Mama bisa restart untuk kembali ke Mac tampilan normal. Namun jika masalah berlanjut, ada baiknya Mama minta bantuan pada ahli ya Mams...


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama