Mengetahui Aplikasi Pengguna GPS, Cara Mematikannya (iPhone, iPad)


Di iPhone, Mama bisa menikmati banyak aplikasi menarik berbasis lokasi alias aplikasi yang memerlukan GPS aktif. Sebut saja Google Maps, Gojek, dan banyak aplikasi lainnya yang hanya bisa berjalan normal jika Location Service diaktifkan. 

Sayangnya, mengaktifkan Location Service secara terus menerus bakal menguras baterai iPhone. Padahal, aplikasi seperti Google Maps ataupun Gojek tidak Mama pakai setiap waktu, bukan?

Mama selalu punya pilihan untuk mematikan layanan lokasi. Jika takut tidak bisa menggunakan aplikasi berbasis lokasi atau tidak mau repot menyalakam GPS setiap kali mengakses aplikasi Gojek, misalnya, Mama bisa mengaturnya agar lokasi hanya aktif ketika aplikasi tertentu tengah Mama pakai.

Mengetahui aplikasi pengguna Location Service dan cara mematikannya

  1. Buka Settings app. 
  2. Scroll ke bawah hingga menemukan Privacy
  3. Tap Privacy
  4. Untuk mematikan semua layanan berbasis lokasi, arahkan toggle ke OFF (abu-abu). 



  5. Jika masih ingin mengakses aplikasi berbasis lokasi tetapi dengan pembatasan penggunaan GPS, geser toggle ke warna hijau. 
  6. Saat Location Service diaktifkan, akan muncul daftar aplikasi yang menggunakan Location Service. Tap masing-masing icon app untuk melakukan pengaturan lokasi lebih lanjut. 



  7. Sebagai contoh, di aplikasi Gojek Mama bisa mengaktifkan lokasi hanya saat aplikasi dipakai (pilih While Using the App). Jika aplikasi telah ditutup (tutup juga di background), maka Location Service akan otomatis dimatikan.
Dengan cara di atas, Mama tidak perlu repot lagi mematikan-menyalakan Location Service setiap kali menggunakan aplikasi berbasis lokasi. Secara otomatis, iPhone akan mengatur aktivasi lokasi berdasar apa yang telah Mama lakukan di langkah nomor 6 di atas.

Satu lagi Mams, Mama harus benar-benar keluar dari aplikasi berbasis lokasi jika tidak ingin Location Service tetap aktif. Dalam hal ini Mama tidak perlu logout aplikasi tetapi matikan aplikasi di background dengan cara menggunakan app switcher lalu swipe ke atas masing-masing window aplikasi sehingga tidak ada lagi aplikasi berbasis lokasi yang berjalan di background.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama