Cara Transfer File antar Apple Device via AirDrop



AirDrop adalah solusi paling mudah untuk transfer file bagi Mama pengguna Apple devices. Menggunakan fitur AirDrop, transfer file antar iPhone, iPad dan komputer Mac bisa dilakukan tanpa kabel. 

Pada dasarnya AirDrop memanfaatkan jaringan Wi-Fi yang sama. Jika iPhone, iPad dan komputer Mac berada berdekatan dan terhubung ke internet dengan jaringan Wi-Fi yang sama maka transfer file menggunakan AirDrop bisa dilakukan dengan mudah. 

Cara mengaktifkan AirDrop

  • Di komputer Mac, buka Finder. Di menu bar bagian atas layar, pilih Go > AirDrop. Jika diminta, Mama perlu mengaktifkan Wi-Fi ataupun Bluetooth. 
  • Di iPhone atau iPad, buka Control Center. Tap icon AirDrop. Jika icon AirDrop tidak terlihat, long-press pada icon Wi-Fi maka icon AirDrop akan muncul bersama icon lain, termasuk Personal Hotspot. Long-press pada icon AirDrop untuk menentukan dari siapa Mama ingin menerima file transfer (receiving off, contacts only atau everyone).

Cara menggunakan AirDrop di iPhone/iPad untuk transfer file

  1. Buka aplikasi tempat Mama menyimpan file yang akan ditransfer. Misalnya, buka Photos app untuk transfer satu/lebih foto atau gunakan Files app untuk transfer file lain, termasuk PDF.
  2. Tap Share atau ikon Share. 
  3. Di pilihan yang muncul (termasuk share ke WhatsApp, email, dll), pilih AirDrop.
  4. Akan muncul nama device atau nama pemilik Apple device lain yang tengah berada dalam satu jaringan Wi-Fi dengan iPhone/iPad yang Mama pakai. 
  5. Tap nama device atau ID yang Mama tuju.
  6. Selanjutnya iOS akan melakukan tugasnya untuk mengirim file ke Apple device lain yang telah Mama pilih. 
  7. Jika Mama menggunakan iPhone 11 (atau tipe yang lebih baru) sementara device yang dituju juga iPhone 11 (atau tipe yang lebih baru), transfer file menggunakan AirDrop bisa dilakukan dengan mengarahkan iPhone yang Mama pakai ke arah iPhone yang dituju, setelah Mama melakukan langkah no. 1 dan 2 di atas. 

Cara transfer file dari Mac ke iPhone, iPad

  1. Aktifkan AirDrop
  2. Buka Finder, arahkan ke file yang akan ditransfer. 
  3. Ctrl + klik (klik kanan) pada file, pilih Share > AirDrop. 
  4. Jika file yang akan ditransfer terbuka, pilih File di menu bar, klik Share



  5. Akan muncul daftar Apple device yang aktif di sekitar Mama. 
  6. Pilih nama Apple device yang Mama inginkan, klik di nama device untuk mulai transfer file. 
  7. Klik Done jika transfer berhasil. 


Cara menerima transfer file di iPhone, iPad via AirDrop

Saat AirDrop di iPhone, iPad ataupun Mac telah aktif, file transfer akan bisa dilakukan setelah Mama menerima notifikasi di layar iPhone, iPad atau Mac.

Di notifikasi tersebut, Mama diminta menerima atau menolak adanya transfer file dari sebuah Apple Device. Pilih terima untuk melanjutkan proses file transfer. Pilih Done untuk mengakhiri.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama