Cara Mengecek Sisa Umur Baterai MacBook


Di setiap rilisan barunya, laptop MacBook mendapatkan fitur baru dan peningkatan kinerja, termasuk urusan baterai. Semakin awet, begitulah kira-kira gambaran kemampuan baterai di MacBook rilisan baru. Meski begitu, yang namanya baterai isi ulang punya umur ya Mams. Dan umur baterai ini sangat bergantung pada battery cycles. 

Lalu, apa sih battery cycle?

Battery cycle dihitung saat Mama isi ulang atau charging baterai MacBook. Tapi, bukan berarti satu kali charge diartikan satu cycle ya Mams. Dalam hal ini satu cycle dihitung saat semua daya baterai MacBook habis digunakan. 

Sebagai gambaran, Jika Mama tengah pakai MacBook hingga baterai ada di level 50% kemudian Mama memutuskan untuk mengisi-ulang baterai kemudian keesokan harinya Mama melakukan hal yang sama maka semua proses tersebut dihitung sebagai satu cycle meskipun telah melakukan 2x charging. 

Cara mengecek charge cycle baterai MacBook

  1. Klik logo Apple di sudut-kiri atas layar MacBook. 
  2. Klik About This Mac. 
  3. Di tab Overview, klik System Report... 



  4. Lihat di kolom sebelah kiri, di bawah Hardware, pilih Power.
  5. Muncul info di kolom kanan, perhatikan Cycle Count yang ada di bawah Health Information. 
  6. Di sana bisa Mama jumpai jumlah cycle count dari MacBook yang Mama gunakan. Plus, kondisi baterai saat ini, apakah masih sehat atau harus segera diganti baru.


Cara melihat level kesehatan baterai MacBook sangat sederhana bukan, Mams? Di MacBook rilisan baru, baterai lebih hemat dan diklaim memiliki 1.000 (seribu) charge cycle. Tidak perlu metunggu baterai bermasalah untuk mengecek battery cycle. Cek sekarang juga di MacBook yang Mama pakai!


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama