Auto-Lock dan Auto-Wake Layar iPhone untuk Hemat Baterai


Layar iPhone adalah salah satu komponen yang menggunakan daya baterai cukup besar. Karenanya, sebisa mungkin layar segera dimatikan ketika Mama tidak lagi beraktivitas menggunakan iPhone. Dengan cara itu, baterai iPhone akan cukup hemat untuk bisa dipakai seharian. Tentu saja Mama tidak perlu repot mematikan layar iPhone setiap kali akan menyimpan iPhone di tas setelah tak lagi dipakai.

iOS memiliki fitur untuk secara otomatis mematikan layar ketika dalam kurun waktu tertentu tidak ada aktivitas di layar. Selain itu Mama juga bisa mengatur agar layar segera menyala saat iPhone diangkat atau dikeluarkan dari saku atau tas. Disebut Raise to Wake, fitur ini bakal menghemat waktu dalam menyalakan layar iPhone sebelum membukanya menggunakan passcode, fingerprint, ataupun face ID. 

Cara otomatis meredupkan layar iPhone saat tidak digunakan

  1. Buka Settings app. 
  2. Tap Display & Brightness.
  3. Tap Auto Lock.
  4. Di pilihan yang muncul, atur waktu yang diperlukan iPhone untuk mematikan layar saat tidak lagi dipakai.
  5. Kembali ke layar sebelumnya, tap Raise to Wake untuk menjadikan layar otomatis menyala ketika iPhone diangkat.
  6. Selesai.


Selain cara di atas, Mama juga bisa menghemat baterai iPhone dengan cara mengaktifkan Dark Mode. Penggunaan warna gelap di sebagian besar aplikasi akan turut berkontribusi menghemat baterai sekaligus menjaga kesehatan mata Mama.

Jika Mama bukan termasuk pengguna berat iPhone, Mama bisa mengaktifkan fitur Low Power Mode sepanjang waktu yang bakal sangat membantu untuk menghemat baterai iPhone. Itu karena Low Power Mode mampu menghentikan semua proses yang berjalan di background, termasuk download. Namun perlu diingat kalau Mama mengaktifkan Low Power Mode di iPhone maka fitur auto-lock tidak akan bisa digunakan, setidaknya hingga rilisan iOS 14. 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama