Menyimpan Passwords di Mac? Pantau agar Tidak Bocor!




Seperti halnya di iPhone dan iPad, komputer Mac punya metode pintar untuk menyimpan ID dan password dari macam-macam akun yang Mama pakai. Dalam hal ini akun yang dimaksud adalah akun yang Mama akses di Safari dan memerlukan ID dan password.

Ya, menyimpannya ID dan password di Apple devices memang sangat mudah ya Mams. Itu karena Apple devices terkoneksi satu sama lain. Saat mengakses akun yang sama di Safari melalui iPhone atau iPad, Mac juga akan menyimpannya sehingga Mama bisa mengakses melalui Safari di Mac tanpa harus perlu repot mengetik ID dan password.

Pun begitu, selalu ada kekhawatiran akan bocornya ID dan password mengingat banyaknya percobaan pembobolan akun oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung-jawab. Bahkan, Mama pasti ingat beberapa waktu lalu situs sekelas Yahoo juga pernah kebobolan sehingga ribuan ID dan passwords pengguna Yahoo Mail bocor ke tangan hacker.

Rupanya Apple mengerti betul kekhawatiran Mama. Hal itu terbukti dari adanya fitur baru yang diusung MacOS Big Sur (dan setelahnya) yang mampu mendeteksi saat ID dan password dari bermacam akun yang Mama punya dipakai oleh pihak lain.



Cara mendeteksi password yang diretas hacker

  1. Buka Safari di Mac.
  2. Klik Safari di menu bar (pojok-kiri atas), klik Preferences.
  3. Klik tab Passwords.
  4. Centang di opsi detect passwords compromised by known data leaks.
  5. Selesai.

Dengan cara di atas, Mac bakal memberitahu saat ID dan password yang Mama miliki digunakan atau dibocorkan oleh pihak lain. Sekarang bisa lebih tenang mengakses berbagai akun pribadi di Safari ya Mams :)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama