Mengunci Aplikasi dengan Passcode (iPhone, iPad)


Dari sekian banyak aplikasi yang telah Mama install di iPhone, pastinya ada beberapa aplikasi yang tidak bisa Mama tinggalkan. Buruknya, aplikasi yang bikin Mama lengket ini justru aplikasi yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan. Duh, hati-hati ya Mams, sebelum ditegur atasan karena main ponsel di kantor ada baiknya Mama membatasi penggunaannya. 

Selain untuk membatasi diri, mengunci aplikasi juga penting agar tidak diakses orang lain dan dikhawatirkan akan mengubah isinya. Dalam hal ini sebut saja anak-anak yang membuka aplikasi Photos di iPhone Mama lalu tanpa sengaja menghapus beberapa foto di dalamnya.

Di iOS 14, Mama bisa mengunci sebuah aplikasi agar tidak dibuka oleh orang lain sekaligus membatasi diri supaya tidak terlalu sering mengaksesnya. 

Sebagai contoh, Mama terlalu sering menghabiskan waktu main Instagram, sekedar menelusuri feed dari seleb idola Mama. Dengan fitur mengunci aplikasi, Instagram hanya akan bisa diakses dalam rentang waktu yang Mama tentukan, misalnya satu jam dalam sehari. Bagaimana caranya?

Cara membatasi akses aplikasi di iPhone, iPad

  1. Buka Settings app.
  2. Tap Screen Time.
  3. Tap App Limits.
  4. Aktifkan App Limits dengan cara menggeser slider ke arah kanan (ON).
  5. Masukkan passcode 4-digit (harus diingat ya Mams karena berbeda dengan passcode 6-digit untuk unlock iPhone).
  6. Tap Add Limit.
  7. Temukan aplikasi yang ingin Mama kunci dan batasi pemakaiannya. Contoh: tap Social untuk menemukan aplikasi Instagram di dalamnya. 
  8. Pilih Instagram.


  9. Tap Next di sudut-kanan atas layar.
  10. Atur waktu batas pemakaian Instagram dalam satu hari.
  11. Tap Add di sudut-kanan atas layar.
  12. Selesai.

Dengan cara ini maka batasan membuka Instagram berlaku setiap hari hingga Mama mematikan App Limit. Bisa dicoba sekarang ya Mams di iPhone, juga iPad. 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama