Mengetik Karakter Khusus di iPhone, iPad



Di bahasa Indonesia, Mama memang tidak akan menemukan karakter huruf khusus. Sebut saja è, ç, atau ž. Tapi jika di beberapa wilayah Indonesia, karakter huruf tersebut bisa ditemukan karena penggunaan bahasa daerah.

Di Jawa misalnya, huruf e bisa beberapa macam cara bacanya, termasuk é dan ê. Hal serupa juga dijumpai di beberapa bahasa dunia, seperti bahasa Jerman atau Perancis.

Jika Mama kerapkali harus menggunakan karakter huruf khusus dalam pekerjaan Mama, entah untuk menulis email atau surat resmi, keyboard iPhone dan iPad bisa membantu.

Cara mengaktifkan karakter khusus di iPhone, iPad (iOS 14)

  1. Di area mengetik dengan keyboard aktif, pastikan Mama menggunakan keyboard English.
  2. Jika masih menggunakan keybord Bahasa, tap and hold icon globe di keyboard, lalu pilih English.


  3. Ketik dan tahan huruf yang membutuhkan karakter khusus. Jika ingin mengetik ä makan tekan dan tahan tombol keybord a. Akan keluar beberapa pilihan karakter huruf khusus, tap huruf yang Mama inginkan.
  4. Selesai.

Perlu diingat ya Mamas kalau keyboard bahasa Indonesia tidak dilengkapi karakter huruf khusus. Jika ingin memunculkan karakter huruf khusus seperti di atas Mama harus menggunakan keyboard bahasa Inggris atau keyboard lain yang mendukung. Mama bisa menambahkan keybord lain di iPhone atau iPad dengan terlebih dulu mengaktifkannya di Settings app. Juga, Mama bisa download keybord tambahan untuk iPhone ataupun keybord untuk iPad di App Store.



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama