Menciptakan Keyboard Shortcut untuk Aplikasi Favorit (MacOS)


Ada banyak keyboard shortcuts yang bisa Mama pakai di Mac agar pekerjaan cepat selesai. Sebut saja shortcut dasar seperti Command + C untuk copy teks, Command + V untuk paste teks, atau Command + Option + V untuk move teks. Tapi jika Mama punya aplikasi favorit di Mac yang kerap dipakai, barangkali Mama butuh shortcut pribadi yang hanya dimengerti oleh Mama. 

Keyboard shortcut ini nantinya bisa Mama pakai hanya di dalam aplikasi yang dimaksud. Atau, jika Mama mengeset untuk semua aplikasi maka keyboard shortcut tersebut bisa dipakai untuk kebanyakan program yang dijalankan di Mac. Perlu dicatat bahwa ada beberapa aplikasi yang 'dikunci' sehingga pembuatan keyboard shortcut pribadi tidak berlaku alias tidak bisa dipakai.

Cara membuat keyboard shortcut untuk aplikasi tertentu di Mac

  1. Dari pojok-kiri atas layar Mac, klik logo Apple > System Preferences > Keyboards > Shortcuts > App Shortcuts. 
  2. Klik icon Plus (+)


  3. Di window yang muncul, pilih aplikasi yang Mama inginkan. Atau pilih All Applications jika ingin mengeset untuk semua apps. Atur pula nama command* dan keybord shortcut. 
  4. Jika selesai, tap Add.

*Cara membuat Command untuk keyboard shortcut di Mac

Di kolom Menu Title masukkan menu command lengkap dengan lokasinya seperti tertera dalam aplikasi yang dimaksud. Misalnya, Mama kerap menggunakan aplikasi TextEdit di Mac dan ingin menambahkan keyboard shortcut untuk pengaturan teks Justify (rata kanan-kiri) yang memang belum ada keyboard shortcut default.
  1. Temukan letak command Justify di TextEdit app.


  2. Masukkan lokasi Justify lengkap ke dalam kolom Menu Title dengan menambahkan -> untuk setiap perpindahan lokasi Command sehingga menjadi:
    Format->Text->Justify
  3. Tentukan keyboard shortcut, langsung tekan di keyboard, misalnya gabungan Option, Command dan J.


  4. Klik Add 
  5. Selesai.


Dengan mengkuti langkah di atas, Mama bakal punya keyboard shortcut pribadi untuk aplikasi favorit yang kerap Mama pakai. Dijamin, pekerjaan bakal cepat selesai!


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama