Cara Mengecek Keaslian iPhone, iPad, Apple Devices Lain



Orisinalitas atau keaslian sebuah iPhone sangat penting ya Mams. Mama pasti pernah mendengar cerita bagaimana produk-produk Apple ditiru dengan wujud yang sama persis sehingga mampu menipu banyak pihak, terutama karena produk palsu tidak akan bisa mengakses layanan Apple, termasuk iCloud.

Membeli iPhone dan iPad baru barangkali akan lebih mudah terhindar dari penipuan karena Mama bisa langsung membeli di Apple Store ataupun gerai ponsel resmi. Namun lain halnya jika Mama mendapatkan iPhone dan iPad dari tangan kedua atau ketiga alias secondhand.

Menyocokkan serial number di dalam iPhone dan iPad dengan yang tertera di kotak kemasan adalah langkah pertama yang wajib Mama lakukan ketika membeli iPhone atau iPad bekas. Tidak berhenti di situ ya Mams. Akan lebih baik kalau Mama mengecek nomor seri di situs resmi Apple sehingga bisa diketahui produk tersebut memang dikeluarkan oleh Apple, termasuk masih ada tidaknya garansi.

Cara mengecek nomor seri iPhone, iPad

  1. Buka Settings app di iPhone atau iPad
  2. Tap General.
  3. Tap About. Di kolom sebelah kanan bisa dilihat beberapa detil mengenai iDevice yang Mama pakai, antara lain: 
    • Model Name (iPhone 12, iPad generasi ke-7, dll), 
    • Model Number
    • Serial Number.

Selain cara di atas, Mama bisa juga melihat di box kemasan iPhone atau iPad. Pastikan apa yang tertera di box sama dengan serial number yang muncul di Settings app ya Mams. 

Cara mengecek orisinalitas iPhone, iPad

1. Lewat situs resmi Apple Support

Di situs resmi Apple Support, Mama bisa memasukkan serial number dari iPhone atau iPad (atau produk Apple lain) guna mengecek keasliannya. 

Saat Mama masukkan serial number dan menekan tombol enter, akan keluar tipe (model name) Apple device yang dimaksud lengkap dengan dukungan garansi, apakah masih berlaku atau tidak. 

Info mengenai produk Apple yang muncul ini tentu saja untuk produk yang asli ya Mams. Jika setelah Mama masukkan serial number kemudian muncul pesan error, bisa jadi ada dua kemungkinan; (1) Mama salah memasukkan nomor seri atau (2) memang nomor seri tersebut tidak terdaftar sebagai produk Apple alias produk palsu. Selawas apapun tipe iPhone atau iPad yang Mama pakai, jika memang produk asli maka serial number yang ada di dalam iPhone akan cocok dengan yang ada di server Apple Support.

2. Lewat Aplikasi Apple Support | download di App Store

Selain bisa diakses melalui situs resmi, Apple Support untuk mengecek keaslian produk Apple juga bisa Mama akses melalui aplikasi. Download saja di App Store seperti halnya aplikasi lain lalu buka di iPhone untuk mengecek semua fiturnya.

Seperti halnya versi web, aplikasi Apple Support juga meminta Mama memasukkan nomor seri dari iPhone, iPad atau produk Apple lainnya untuk mengecek keaslian dan dukungan garansi produk yang dimaksud. Selain itu, aplikasi Apple Support akan secara otomatis mendaftar Apple device apa saja yang terhubung dengan Apple ID milik Mama.


3. Lewat App Clip Apple Support

Jika Mama tidak berniat menggunakan Apple Support app secara berkala, Apple Mama sarankan hanya menggunakan app clip saja (tidak lebih dari 10MB) sehingga tidak akan membebani storage iPhone.

Wujud App Clips sama persis dengan aplikasi versi penuh. Bedanya, hanya fitur inti saja yang bisa Mama akses. Bonusnya, Mama tidak perlu install aplikasi jika kebutuhan akan aplikasi tersebut hanya sesekali saja. 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama