5 Cara Membuat Foto Panorama di iPhone

(image credit: apple)


Ada banyak fitur yang diusung kamera di iPhone, salah satunya adalah kemampuan membuat foto Panorama. Di masa lalu, foto panorama adalah hal rumit yang hanya bisa dihasilkan oleh fotografer profesional. Jaman telah berubah ya Mams karena di masa sekarang, memotret foto panorama bisa diakses dengan ujung jari melalui aplikasi Camera di iPhone. 

Fitur Panorama memungkinkan Mama mengambil gambar yang tidak bisa ditangkap oleh satu foto. Dalam hal ini foto yang dihasilkan memiliki lebar horisontal yang lebih panjang dibanding foto ukuran normal. Sangat pas dipakai untuk memotret foto pemandangan seperti laut dan pantai ataupun pegunungan, Mama-pun juga bisa membuat foto Panorama melalui kamera iPhone.

1. Pakai mode panorama di iPhone

Sejak rilis iPhone 4s, Apple telah memberikan kemampuan Panorama di Camera app. Untuk menggunakannya, Mama cukup buka aplikasi Camera di iPhone lalu geser opsi ke kiri hingga ketemu Pano. 

Meski cukup canggih tetapi bukan berarti mode Panorama di iPhone tidak memiliki kelemahan ya Mams. Dalam hal ini mode Panorama di iPhone kesulitan saat menghasilkan pencahayaan yang seimbang di scene dengan dynamic range yang tinggi. 

Kelemahan lain dari mode Panorama bawaan iPhone ada pada iPhone rilisan lawas yang tidak dilegkapi lensa Ultra Wide. Hal ini berpengaruh pada terbatasnya tinggi image yang dihasilkan, tak lepas dari dibatasinya penglihatan Mama melalui lensa kamera iPhone saat iPhone dalam orientasi portrait (berdiri). Di sisi lain, banyak aplikasi Panorama yang disediakan di App Store menyediakan fitur foto panorama dengan tinggi image lebih besar dibanding yang ditawarkan iPhone.

2. Pakai aplikasi Panorama

Ada banyak aplikasi panorama yang bisa Mama pakai untuk menciptakan hasil panorama yang baik. Mulai yang gratisan hingga berbayar, aplikasi Panorama untuk iPhone secara umum menawarkan fitur serupa tetapi dengan beberapa kemampuan berbeda.

Aplikasi DMD Panorama, misalnya. Aplikasi panorama ini bahkan dilengkapi fitur Panorama untuk kamera depan. Hasil foto panorama oleh DMD Panorama bisa dilihat dalam mode 3D yang memungkinkan kawan dan keluarga melihat hasilnya tanpa perlu install aplikasi DMD.

3. Hindari subyek bergerak

Untuk menghasilkan foto Panorama yang bagus dan 'masuk akal' Mama perlu menghindari subyek bergerak. Pada prinsipnya Panorama dibuat dengan menggabungkan banyak foto ya Mams. Karenanya, kalau di dalamnya terdapat subyek bergerak maka hasil Panorama akan bermasalah karena cenderung tidak masuk akal (seperti gambar orang yang bengkok, terpotong, dll).

4. Jangan terlalu banyak bergerak

Meskipun Panorama dibuat dengan menggerakkan kamera di sepanjang tanda panah horisontal tetapi bukan berarti Mam boleh menggerakkan kamera sembarangan. Jika terlalu lebar menggerakkan kamera, potongan-potongan foto yang bakal digabungkan akan bermasalah tak lepas dari perubahan angle kamera.

Ya, memang cukup sulit menggenggam iPhone di posisi yang sama saat Mama bergerak untuk membuat Panorama tetapi setidaknya Mama bisa memperkecil pergerakan. Caranya adalah dengan hanya menangkap scene dari jarak jauh. Semakin jauh subyek foto dari posisi kamera iPhone, maka semakin kecil pergerakan iPhone yang memungkinkan masalah pada hasil foto Panorama.

5. Kreatifitas

Yang ini wajib dipunya ya Mams. Secanggih apapun iPhone ataupun aplikasi Panorama yang Mama pakai, tidak akan optimal hasilnya jika imajinasi Mama tidak berkembang. Panorama hanya berhenti sebatas untuk menangkap foto pemandangan dalam bentuk memanjang horisontal jika tidak dibarengi kreatifitas dan imajinasi. 

Kreatifitas bisa dilatih dengan cara terus mencoba ya Mams. Selain itu, melihat contoh melalui akun-akun fotografer profesional dan situs-situs fotografi juga bakal menambah pengetahuan Mama tentang cara mengambil foto Panorama yang baik.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama