3 Cara Menghapus Banyak Kontak Sekaligus di iPhone




Di awal masa munculnya telepon selular, di mana Mama menyimpan nama-nama kontak? Ya, karena kapasitas ponsel kecil, sebagian besar orang lebih suka menyimpan nama kontak di SIM card. Itupun tidak bisa memuat banyak ya Mams. Hanya saja, menyimpan kontak di SIM card akan memudahkan jika sering berganti ponsel karena tidak perlu copy dari ponsel ke SIM card dan sebaliknya. 

Di era smartphone, SIM card bukan lagi solusi untuk menyimpan ratusan bahkan ribuan nama kontak. Itu karena Mama bisa menyimpannya bersama akun email. Di iPhone, nama-nama kontak juga tersimpan rapi di iCloud bersama catatan yang Mama buat di Notes app, termasuk Reminder dan foto-foto yang ada di Photos app. Artinya, Mama tidak perlu lagi copy kontak satu-per-satu saat berganti iPhone, tidak pula copy dari SIM card  

Masalah muncul justru saat Mama ingin menghapus sebagian kontak dari phone book. Jika menghapus satu kontak bisa dilakukan langsung di dalam iPhone, tidak demikian jika Mama ingin manghapus banyak kontak sekaligus. Setidaknya, Apple belum memberikan fitur menghapus banyak kontak sekaligus hingga rilisan iOS 14.5 di tahun 2021. 

3 Cara menghapus banyak kontak sekaligus dari iPhone

1. Menggunakan iCloud

Jika Mama adalah pengguna lawas iPhone, sering berganti iPhone ke tipe yang lebih baru maka untuk menghapus banyak nama kontak sekaligus bisa dilakukan melalui iCloud.

  1. Gunakan browser untuk membuka icloud.com di Mac atau PC
  2. Masukkan Apple ID dan password  
  3. Klik pada icon Contact.
  4. Klik satu nama kontak yang ingin Mama hapus. Sembari menekan tombol Control di keyboard, klik nama kontak lainnya.
  5. Klik tombol Settings di kiri-bawah layar monitor, pilih Delete.


Ya, untuk menghapus kontak dalam jumlah banyak, Mama memang harus melakukannya di luar iPhone  Dalam hal ini Mama harus memakai komputer Mac atau PC untuk mengakses iCloud.com.

Tidak bisakah mengakses iCloud.com dari Safari atau browser lain di iPhone? Jawabannya tentu bisa tetapi sayangnya aplikasi Contact tidak akan muncul di iCloud.com yang diakses di iPhone. Di iPad, Mama bisa mengakses Contacts lewat iCloud.com tetapi tidak disertakan fitur untuk menghapus banyak kontak.

2. Menggunakan Google Contacts

Jika Mama sebelumnya adalah pengguna smartphone Android dan pengguna berat Gmail, menghapus kontak dalam jumlah banyak dalam sekali langkah bisa dilakukan melalui Google Contacts.

Tidak perlu download aplikasi di iPhone ya Mams. Itu karena Google Contacts adalah salah satu dari banyak layanan Google, termasuk Gmail, Google Search, Maps, Youtube, dll. Untuk bisa masuk ke Google Contacts, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Di iPhone, iPad, Mac atau PC, login ke akun Google (Gmail, atau yang lain) dari browser.
  2. Klik icon grid yang ada di pojok-kanan atas di sebelah gambar profil Mama.
  3. Pilih Google Contacts.



  4. Akan muncul semua nama kontak yang Mama simpan di iPhone. 
  5. Klik di inisial nama (sebelah kiri nama kontak), lanjutkan dengan klik nama-nama lainnya.
  6. Klik icon 3-titik yang ada di bagian atas, pilih Delete.
  7. Selesai.


3. Menggunakan aplikasi

Di iPhone, degan bantuan aplikasi berbayar seperti Groups, Mama akan bisa menghapus banyak nama kontak dengan sekali langkah. Pilihan ada di tangan Mama :)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama