TOP 3 Aplikasi Keyboard untuk iPhone (2021)



Untuk menulis artikel yang panjang dengan segala kompleksitasnya, iPad memang menjadi pilihan terbaik setelah laptop. Belum lagi pilihan aplikasi menulis untuk iPad dan aplikasi keyboard untuk iPad yang direkomendasikan para pakar, menjadikan iPad pesaing terbaik laptop untuk kebutuhan menulis mobile. 

Tapi jika kebutuhan menulis Mama tidak 'seberat' para penulis profesional, cukuplah iPhone menjadi pilihan Mama. Didukung keyboard yang tepat, produktifitas menggunakan iPhone bisa jadi sebaik menulis di iPad ya Mams.

Dari aplikasi keyboard berbayar hingga yang gratisan, semua bisa Mama jumpai di App Store. Tinggal Mama pilih saja, sesuai kebutuhan dan keinginan. 

Sebelum download aplikasi keyboard untuk iPhone, ada baiknya Mama memahami terlebih dulu cara menambah keyboard di iPhone. Nanti setelah keyboard favorit Mama telah terinstall di iPhone, Mama tidak bingung lagi cara mengaktifkannya. 

Eh, tidak perlu browsing satu-per-satu ya Mams karena Apple Mama telah sortir tiga aplikasi keyboard terbaik untuk iPhone di tahun 2021.

1. Typewise Keyboard | download di App Store 

Mengusung jargon “keyboard yang didesain khusus untuk smartphone,” Typewise menawarkan banyak fitur yang jarang dijumpai di kebanyakan keyboard.

Dari segi desain, Mama akan langsung bisa melihat perbedaan besar yang diusung oleh Typewise keyboard. Lihat saja bentuk heksagonal (segi enam) yang dipakai di tiap tombol. Meskipun menggunakan tata letak QWERTY tradisional, tetapi ada beberapa tombol yang ditempatkan berbeda, antara lain tombol spasi yang terdiri dari dua tombol dan ditempatkan di posisi tengah keyboard. 

Awal mula menggunakan Typewise keyboard, bisa jadi Mama akan menjumpai kesulitan tak lepas dari desain unik yang ditawarkan. Saat Mama mulai terbiasa dengan letak tombol-tombol Typewise keyboard, selanjutnya Mama harus memahami cara kerjanya. 


Sebagai contoh, Typewise keyboard dengan tombol heksagonal tidak dilengkapi tombol backwards untuk menghapus huruf. Jika ingin menghapus satu atau lebih huruf, Mama bisa menggunakan tombol spasi. Tekan dan tahan lalu slide ke kiri atau kanan untuk menghapus satu per satu huruf, atau slide tanpa menahan tombol untuk menghapus lebih banyak huruf atau kata. Untuk mengetik huruf besar, Mama hanya perlu menekan tombol huruf sembari slide ke atas. Demikian pula dengan beberapa tanda baca.

Singkat kata, Typewise keyboard bisa jadi sebuah pengalaman baru dalam aplikasi keyboard. Luangkan waktu 30 menit hingga satu jam untuk bisa lancar menggunakan Typewise keyboard. Selanjutnya, dijamin Mama bakal merasa nyaman menggunakannya. Jika tidak, selalu ada pilihan untuk kembali ke keyboard bawaan iPhone.

2. Grammarly | download di App Store

Grammarly keyboard, juga tersedia versi iPad, sudah cukup lama tersedia di App Store. Memiliki rating yang bagus, Grammarly keyboard memenuhi kebutuhan Mama akan keyboard yang mendukung penulisan bahasa Inggris yang benar.


Bagi Mama yang kerap menulis dokumen on-the-go dalam bahasa Inggris dengan bantuan iPhone, Mama bisa memanfaatkan Grammarly untuk mendapatkan hasil penulisan maksimal. Tidak hanya saran untuk penggunaan kosakata dan sinonim, Grammarly bahkan memberikan saran jika dijumpai kalimat yang ambigu.

Grammarly versi iPhone ini memang 'lebih ringan' dalam hal fitur dibanding versi iPad yang telah lama menjadi rujukan para penulis. Meski begitu fitur utama dan penting sama-sama bisa ditemukan baik di Grammarly versi iPhone ataupun iPad.

3. Phraseboard | download di App Store

Phraseboard adalah keyboard app untuk iPhone yang menawarkan cara baru untuk menulis, membalas chat dan hal lain yang biasa Mama lakukan di media sosial. Dalam hal ini Mama diberikan kemampuan untuk mengategorikan kata dan frasa yang biasa Mama pakai sehingga saat perlu menggunakannya, Mama tidak perlu repot-repot mengetiknya lagi.

Yang tak kalah menarik, Phraseboard memiliki koleksi lebih dari 100 font (jenis huruf) serta warna-warna yang tidak disediakan aplikasi keyboard lain. Bahkan, Mama bisa menikmati fitur penerjemah yang tersedia lebih dari 50 bahasa!


Tombol keyboard dirasa terlalu kecil? Phraseboard memiliki fitur untuk mengubah ukuran tombol keyboard sehingga sesuai dan nyaman untuk ujung jari Mama.

Bisa didownload gratis di App Store, Phraseboard keyboard juga tersedia dalam beberapa tipe berlangganan yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya, seperti Ultimate, Pro dan Font.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama