Spotlight di Mac dan Cara Menggunakannya



Seperti halnya Spotlight di iPhone dan iPad, Mac juga memiliki fitur Spotlight dengan kegunaan yang sama. Di komputer Mac, Mama bisa menggunakan Spotlight untuk mencari konten dan informasi apapun, baik yang ada di internet maupun yang ada di lokal harddisk Mac.

Lalu, konten apa saja sih Mams yang bisa dicari di Spotlight?

Semua! Mama bisa mencari aplikasi dengan memasukkan nama aplikasi di kolom pencarian Spotlight atau jika lupa nama aplikasi, masukkan saja kata kuncinya. Mama juga bisa mencari dokumen uang tersimpan di Mac, file gambar dan foto, bahkan berita terbaru. 

Mama tidak perlu lagi membuka google.com untuk mengetahui perkembangan terbaru mengenai penyebaran Covid-19, misalnya. Dengan satu kolom pencarian di Spotlight, Mama bisa menemukan banyak hal, termasuk mengetahui nilai konversi dollar terhadap rupiah hari ini, atau mata uang lain. Tak hanya mengkonversi ya Mams, Spotlight juga bisa berfungsi sebagai kalkulator konversi mata uang. Tinggal masukkan saja $450, misalnya, di kolom pencarian maka Spotlight akan mengkonversinya dalam Rupiah atau mata uang lain yang Mama inginkan. 

Cara menggunakan Spotlight di Mac

  1. Di kolom pencarian Spotlight, ketik kata dari konten yang ingin Mama temukan. 
  2. Pencarian Spotlight dilakukan saat Mama mulai mengetik.
  3. Hasil akan muncul dimulai dari hasil pencarian terpopuler, baik di web maupun di lokal harddisk Mac.
  4. Klik di salah satu hasil pencarian yang terlihat untuk melihat informasi lebih lengkap.
  5. Tergantung dari hasil pencarian yang Mama buka, Mac akan secara otomatis membuka browser, Finder ataupun aplikasi lain sesuai hasil pencarian.

Jika karena satu dan lain hal Spotlight menghilang, lakukan beberapa cara ini untuk memunculkan dan mengakses Spotlight di layar Mac.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama