Spotlight di iPhone, iPad dan Cara Menggunakannya



Spotlight apaan sih Mams? Bagi Mama yang belum tahu, Spotlight adalah salah satu fitur bawaan iPhone dan iPad. Artinya, Mama tidak perlu install apapun untuk bisa menggunakan Spotlight. Lalu, apa kegunaan Spotlight dan bagaimana bentuknya?

Spotlight membantu Mama para pengguna iDevice untuk bisa menemukan apapun baik di web (internet) maupun konten yang ada di dalam iPhone dan iPad yang Mama pakai. Singkat kata, jika Mama terbiasa menggunakan Google.com untuk mencari berbagai informasi di internet, Spotlight mampu melakukan lebih dari itu. Selain bisa menemukan informasi di internet, Spotlight juga bisa mencari apapun yang ada di dalam iPhone dan iPad, termasuk mengkonversi nilai mata uang dollar ke rupiah, atau mata uang lain.

Seperti halnya laman Google Search yang didesain sederhana, Spotlight juga dibuat dengan hanya satu kolom pencarian. Bedanya, jika Google Search harus dibuka melalui laman google.com, Spotlight bisa langsung diakses dari dalam iPhone dan iPad.

Cara menggunakan Spotlight di iPhone, iPad (iOS 14)

  1. Aktifkan iPhone
  2. Posisikan screen di Home screen, atau Screen page.
  3. Swipe ke bawah di Home screen, atau di Screen page.
  4. Muncul kolom pencarian.
  5. Ketikkan nama konten yang ingin Mama cari, misalnya “apple mama
  6. Atau, lakukan pencarian menggunakan suara dengan cara tap ikon mikrofon yang ada di sisi kanan kolom pencarian Spotlight, sebutkan nama konten yang ingin Mama temukan.
  7. Hasil pencarian akan muncul secara real-time, yakni dimulai saat Mama mulai mengetik di kolom pencarian Spotlight.
  8. Tap di salah satu hasil pencarian yang muncul, sesuai dengan yang Mama cari.
  9. Selesai.

Saat Mama melakukan pencarian via Spotlight, hasil pencarian akan merujuk pada saran Siri. Untuk mengubah pengaturan saran Siri, Mama bisa melakukannya di aplikasi Settings



  1. Buka Settings. 
  2. Tap Siri & Search. 
  3. Scroll ke bawah, tap satu aplikasi dari daftar aplikasi yang terlihat. 
  4. Di bawah Siri Suggestion, matikan/aktifkan toggle sesuai setting yang Mama inginkan. Jika toggle aktif maka pencarian di Spotlight juga akan mencari di aplikasi yang Mama pilih di step #3. Jika toggle mati, maka pencarian Spotlight tidak akan melibatkan aplikasi tersebut. 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama