Cara Menyimpan Screenshot Full-Page Website ke PDF (iPhone, iPad)



Di iOS 14, ada beberapa cara yang bisa Mama lalukan untuk mendapatkan tangkapan layar baik di iPhone atau iPad. Baik cara screenshoot bawaan iPhone, Back Tap, ataupun menggunakan cara cepat Assistive Touch, hasil dari screenshot di iPhone atau iPad adalah sebuah image yang nantinya disimpan di aplikasi Photos. Tapi tahukah Mama kalau sebenarnya Mama bisa menyimpan hasil screenshot di iPhone ke dalam format PDF?

File PDF umumnya memiliki konten dengan banyak teks ya Mams. Dengan disimpan ke dalam format PDF diharapkan nantinya konten di dalamnya akan bisa di-copy-paste dengan cara highlight pada teks. Cara ini tentunya tidak bisa dilakukam jika hasil screenshot adalah image. Lalu bagaimana cara screenshoot di iPhone dan menyimpannya ke dalam format PDF?

Cara menyimpan full-page website ke dalam PDF di iPhone (iOS 14)

  1. Buka Safari.
  2. Buka webpage yang ingin Mama simpan seluruh halamannya secara penuh (dari atas hingga bawah). 
  3. Lakukan screenshoot pada sembarang bagian webpage yang terbuka. 
  4. Saat screenshot terbentuk di layar iPhone, tap pada hasil screenshot tersebut (kiri bawah layar iPhone) untuk membuka opsi Edit
  5. Akan tampak dua bar di sisi kiri dan kanan: Screen dan Fullpage
  6. Tap Fullpage
  7. Bisa dilihat sekarang tampilan webpage yang sangat panjang, diperlihatkan dalam bentuk thumbnail di bagian kanan layar yang bisa di-scroll ke atas-bawah. 


  8. Tap Done di pojok-kiri atas layar iPhone. 
  9. Tap Save PDF to Files. 

Dengan cara di atas, screenshot yang baru Mama buat akan tersimpan dalam format PDF dan tersimpan di aplikasi Files, bukan di aplikasi Photos. Selain disimpan di Files app, hasil screenshot juga bisa di-share ke email, contacts, dll menggunakan icon share yang ada di sudut-kanan atas layar. Pula bisa ditambahkan catatan tangan menggunakan tools pensil yang tersedia.

Tidak hanya di Safari ya Mams, Mama bisa melakukan screenshot ke PDF di browser lain, termasuk browser yang jamak dipakai di iPad. Selain itu Mama bisa mencoba screenshot berbagai konten berbentuk teks untuk menyimpannya ke dalam format PDF.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama