Cara Menerjemahkan Webpage di Safari (iOS 14)

(webpage translate di Safari di iPad)


iOS 14 dirilis di tahun 2020 dengan membawa banyak fitur baru dan pembaruan. Bukan hanya di Camera, Control Center dan Dock di iPad ya Mams, fitur-fitur baru juga diberikan untuk browser bawaan iPhone dan iPad, apalagi kalau bukan Safari.

Salah satu fitur keren yang diusung Safari melalui update iOS 14 adalah Translate. Seperti namanya, fitur ini berfungsi menerjemahkan dari satu bahasa ke bahasa kedua. Dalam hal ini yang diterjemahkan adalah webpage yang tengah Mama buka di Safari.

Webpage Translation yang ditawarkan iOS 14 bukanlah aplikasi terpisah ya Mams. Mesin penerjemah ini ditanam langsung di dalam Safari sehingga kapanpun Mama butuh menerjemahkan sebuah webpage yang tengan Mama baca, tinggal klik saja opsi penerjemahan maka bahasa dari webpage tersebut akan berubah.

Cara mengganti bahasa webpage di Safari di iPhone, iPad

  1. Buka Safari app di iPhone atau iPad
  2. Ketik alamat sebuah website berbahasa asing yang ingin Mama baca.
  3. Tap tombol AA yang ada di bagian kiri-atas layar iPhone/iPad. 
  4. Akan terlihat opsi Translate to ...  (jika diset lebih dari satu bahasa) atau Translate Website (jika Mama mengeset lebih dari dua bahasa).
  5. Pilih bahasa.
  6. Dalam sekejap, halaman web yang Mama baca akan memuat ulang dan muncul kembali dalam bahasa yang Mama pilih. Jika proses penerjemahan halaman web berjalan dengan benar maka akan terlihat ikon Translate menggantikan posisi tombol AA.
  7. Untuk kembali ke halaman web asli, reload saja. Atau, tap ikon Translate > View Original.

Perlu dicatat bahwa fitur webpage translate di iOS 14 masih dalam tahap Beta dan belum mencakup semua bahasa dan wilayah negara, termasuk Bahasa Indonesia. Dalam hal ini bila Mama menjumpai webpage berbahasa selain Inggris dan Bahasa, Mama bisa mencoba mengecek ketersediaan fitur webpage translate dengan cara di atas agar webpage diterjemahkan ke dalam bahasa yang Mama pahami. 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama