Cara Clear Cache Safari di Mac



Meskipun secara umum browser Safari jarang sekali bermasalah tetapi menggunakannya di Mac selama bertahun-tahun bisa jadi mendatangkan kendala yang mengganggu pekerjaan. Dalam hal ini cache yang menumpuk bisa menjadi salah satu penyebabnya ya Mams.

Seperti halnya browser lain, Safari di komputer Mac juga menyimpan sedikit dari hal-hal yang kerap Mama kunjungi di internet. Penyimpanan data tersebut bertujuan mempercepat loading sehingga jika Mama membuka blog applemamax.com untuk kesekian kali, misalnya, komputer tidak perlu lagi mengumpulkan berbagai informasi dari awal (seperti image, font, dll) karena sebagian kecil telah tersimpan di Safari. Dengan begitu kerja Mac akan sedikit ringan karena hanya perlu memuat data-data tambahan yang tidak ada di cache. Tapi apa jadinya jika cache telah menumpuk?

Menghapus cache Safari (juga browser lain yang tersintall di Mac) menjadi salah satu hal yang meningkatkan kecepatan Safari dalam memuat websites, sekaligus meningkatkan kinerja Mac secara keseluruhan. Karenanya, Mama harus rajin membersihkan cache di Safari secara berkala.

Cara membersihkan cache Safari di komputer Mac

  1. Buka Safari di Mac. 
  2. Di App Menu Klik Safari > Preferences. ..
  3. Klik tab Advanced.
  4. Centang Show Develop lalu tutup Preferences...
  5. Setelah langkah di atas, Mama perhatikan di menu bar Safari telah bertambah satu menu, yaitu Develop yang ada di antara Bookmarks dan Window.



  6. Klik Develop.
  7. Klik Empty Caches.
  8. Selesai
Setelah langkah di atas berhasil Mama lakukan, cobalah reload situs yang Mama kunjungi. Dari sini akan terlihat perbedaan, terutama waktu yang dibutuhkan untuk memuat sebuah website akan jauh lebih cepat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama