Cara Cepat Berbagi Password Wi-Fi di iPhone, iPad, Mac




Tahu dong Mams kalau password Wi-Fi kerap bikin ribet? Iya, karena password umumnya dibuat serumit mungkin guna menghindari pembobolan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Alih-alih menggunakan rangkaian kata, password Wi-Fi dibentuk dari huruf, angka dan simbol yang dirangkai acak. Dampaknya, saat Mama ingin mengoneksikan perangkat ke Wi-Fi, Mama harus memasukkan satu-per-satu huruf, angka dan simbol, termasuk penggunaan huruf besar dan kecil. Harus persis, tidak boleh salah sedikitpun. 

Di tempat umum yang juga menyediakan Wi-Fi gratis, seperti cafè, password yang rumit juga harus Mama masukkan secara manual ke iPhone, iPad, Mac, atau gadget Mama lainnya. Jika datang berkelompok bersama keluarga atau teman kerja, Mama punya piliham untuk tidak mengetik satu-per-satu password Wi-Fi demi menghindari kesalahan saat input. Cara yang dimaksud adalah dengan memanfaatkan fitur Share Password yang ada di Apple devices.

Sebelum berbagi password Wi-Fi secara otomatis, pastikan salah satu dari kawan atau keluarga Mama telah terhubung ke koneksi Wi-Fi yang sama. Dalam hal ini anggap saja iPhone yang Mama pakai telah terhubung ke Wi-Fi yang dimaksud dan Mama ingin membagi password Wi-Fi ke kawan atau saudara Mama yang tengah berada di tempat yang sama.

Cara berbagi Wi-Fi secara otomatis di iPhone, iPad, Mac

  1. Aktifkan Bluetooth di iPhone.
  2. Mintalah kawan/keluarga untuk mengaktifkan Bluetooth.
  3. Minta mereka untuk masuk ke jaringan Wi-Fi yang sama (tanpa mengetahui password)
  4. Di iPhone yang Mama pakai, akan muncul notifikasi menanyakam apakah Mama ingin berbagi password dengan mereka (sesuai nama contact yang Mama simpan di iPhone).
  5. Tap Share Password.
  6. Ta-da! Kawan atau keluarga yang tengah bersama Mama akan terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama dengan yang Mama gunakan di iPhone.

Perlu diingat ya Mams, kalau berbagi password Wi-Fi secara otomatis ini hanya bisa dilakukan di iPhone atau iPad yang telah menjalankan iOS 12 dan yang lebih baru. Jika menggunakan komputer Mac, MacOS yang dipakai setidaknya adalah High Sierra atau yang lebih baru. Juga, mereka yang akan berbagi password Wi-Fi juga harus menyimpan masing-masing nama contact di perangkat yang dipakai.

Bagi Mama yang menggunakan iPhone dan telah menjalankan setidaknya iOS 15, Mama harus mencoba fitur Live Text yang memungkinkan kamera iPhone berfungsi sebagai scanner. Dalam hal ini Mama hanya perlu menyorot tulisan password yang disediakan di meja kasir dan iPhone akan memasukkannya ke kolom password di Wi-Fi settings. Terdengar sangat mudah, bukan?


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama