4 Cara Konversi Mata Uang di iPhone, iPad, Mac



Apa yang Mama lakukan untuk mengkonversi mata uang dollar terhadap rupiah atau sebaliknya? Mengingat nilai tukar mata uang dunia sangat fluktuatif setiap harinya, nilai tukar hari ini tentunya tidak bisa dijadikan patokan untuk nilai tukar esok hari. Dengan begitu, apakah Mama harus memantau pasar mata uang setiap hari?

Di iPhone dan iPad, Mama bisa dengan cepat mengetahui berapa nilai tukar dollar terhadap rupiah hari ini tanpa harus memantau pusat-pusat penukaran uang asing. Setidaknya, Mama bisa melakukan empat cara untuk mengetahui nilai tukar dollar terhadap rupiah, ataupun mata uang asing lain. 

1. Menggunakan Google Search

Tidak perlu mencari situs konversi mata uang ya Mams, yang Mama lakukan hangalah mengetikkan mata uang yang ingin Mama ketahui nilainya terhadap mata uang lain. Contoh, ketik saja di kolom pencarian Google: $1=Rp (Tekan enter). 

Atau, Mama bisa langsung memfungsikan Google Search sebagai kalkulator konversi. Caranya, masukkan nominal dollar (atau mata uang lain) ke dalam kolom pencarian Google: $300=rupiah. Hasil dari pencarian tersebut akan otomatis dikalikan dengan nominal nilai tukar dollar yang berlaku di hari yang sama.


Hasil pencarian yang Mama inginkan akan muncul di google.com page; di urutan teratas di layar iPhone, iPad, atau Mac jika Mama membuka google.com di komputer Mac. Hasil pencarian nilai tukar mata uang di Google ini ditunjukkan dalam ukuran huruf lebih besar dibanding hasil pencarian berupa daftar situs yang ada di bawahnya. 

Mama bisa langsung melihat hasil pencarian nilai konversi mata uang tanpa membuka situs apapapun. Bisa juga, Mama klik di hasil pencarian jika membutuhkan informasi tambahan mengenai konversi mata uang yang baru saja Mama masukkan.

2. Menggunakan Spotlight

Tahukah Mama kalau fitur Spotlight baik di iPhone, iPad ataupun Mac bisa memunculkan nilai konversi mata uang secara real time?

Sama seperti ketika melakukan pencarian di Google, Mama tinggal mengetikkan simbol dollar ke rupiah ($ to Rp) di kolom Spotlight. Atau, bisa juga memfungsikan Spotlight sebagai kalkulator konversi mata uang. Di iPhone dan iPad dan komputer Mac, hasil pencarian akan langsung menunjukkan nilai tukar mata uang yang berlaku di hari yang sama.

(spotlight di Mac)


3. Menggunakan Siri

Cara lain yang tergolong mudah untuk mengetahui nilai tukar mata uang adalah menggunakan bantuan Siri. Mama tinggal memanggil Siri lalu tanyakan berapa nilai tukar dollar terhadap rupiah hari ini. Secara cepat, Siri akan langsung memberikan jawaban yang akurat, baik menggunakan iPhone, iPad ataupun komputer Mac.

Mama bisa menoba mengatakan, “how much is one dollar to rupiah.” Siri akan memunculkan jawaban baik berupa suara ataupun teks.

(hasil pencarian menggunakan Siri)


4. Menggunakan aplikasi

Ada banyak aplikasi konversi mata uang yang tersedia di App Store ya Mams. Mama tinggal pilih saja yang gratisan atau yang berbayar. Umumnya aplikasi konversi mata uang didesain berupa kalkulator sehingga Mama tinggal memasukkan nominal dari mata uang yang ingin Mama konversi ke mata uang lain. Untuk menemukan aplikasi yang sesuai, lakukan pencarian “currency converter” di aplikasi App Store baik di iPhone atau iPad yang Mama pakai.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama