2 Cara CUT dan PASTE di Finder Mac



Di komputer berbasis Windows OS, mengakses data bisa lebih mudah jika Mama menggunakan Windows Explorer. Tidak hanya untuk menemukan dan membuka langsung sebuah file, Windows Explorer bahkan mampu melakukan fungsi terhadap sebuah file, seperti delete, rename, copy-paste, juga cut-paste untuk memindah sebuah file dari satu folder ke folder lain. Bagaimana dengan di Mac?

Di komputer Mac, Apple menamainya sebagai Finder. Serupa Windows Explorer, Finder merupakan aplikasi pengelola file yang juga memiliki kemampuan membuka sebuah file, menghapus, menamai ulang, copy-paste, bahkan burning data ke CD atau DVD. 

Lebih mudahnya, Mama tinggal klik-kanan pada sebuah nama dokumen yang ditunjukkan di Finder untuk mengetahui apa saja yang bisa Mama lakukan pada dokumen tersebut. Hampir semua kemampuan yang ada di Windows Explorer bisa Mama temukan saat klik-kanan dokumen di Finder, kecuali cut-paste.

Jangan kaget ya Mams, meski tidak bisa Mama temukan tetapi bukan berarti fungsi cut-paste di Finder tidak bisa Mama lakukan. Silakan coba tips di bawah ini untuk memindah dokumen di Finder menggunakan CUT-PASTE.

1. CUT-PASTE menggunakan tombol keyboard

  1. Buka Finder
  2. Temukan dokumen yang ingin Mama pindah. 
  3. Klik 1x pada dokumen untuk memilihnya
  4. Klik kanan > Copy, atau tekan tombol keyboard bersama: Command + C.
  5. Cari lokasi baru atau folder tempat memindah dokumen tadi.
  6. Tekan tombol keyboard bersama: Command + Option + V.
  7. Selesai! Dokumen yang Mama maksud telah berpindah ke tempat baru.

2. CUT-PASTE menggunakan mouse atau trackpad

  1. Buka Finder
  2. Temukan dokumen yang ingin Mama pindah. 
  3. Klik 1x pada dokumen untuk memilihnya, lalu menggunakan mouse atau Trackpad, drag dokumen ke lokasi atau folder baru.
  4. Selesai!

Dengan dua cara di atas, Mama bisa menggunakan fungsi cut-paste untuk memindah sebuah dokumen (atau lebih) di Finder di komputer Mac. Mudah, bukan?


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama