Family Sharing dan Cara Menggunakannya (iOS 14)



Disebut sebagai Family Sharing, layanan ini menjadi salah satu yang membedakan perangkat Apple dengan lainnya. Bagaimana tidak, dengan Family Sharing, Mama bisa berbagi banyak hal dengan anggota keluarga yang juga pengguna perangkat Apple.

Dengan mengaktifkan Family Sharing di iPhone, iPad ataupun Mac, Mama bakal bisa berbagi berbagai konten digital, termasuk aplikasi, dengan anak-anak ataupun suami. Dalam hal ini jika Mama telah membeli sebuah aplikasi berbayar ataupun telah berlangganan sebuah layanan digital maka anak-anak bisa install aplikasi yang sama di iPhone atau iPad mereka tanpa perlu lagi melakukan pembelian atau berlangganan.

Cara mengeset Family Sharing di iPhone atau iPad

Untuk mengaktifkan fitur Family Sharing di iPhone atau iPad, Mama (orangtua) bertindak sebagai organizer yang punya kemampuan untuk mengundang dan berbagi dengan anggota keluarga lain hingga lima anggota. Saat anggota keluarga menerima undangan untuk berbagi konten dengan Mama maka Family Sharing akan otomatis terpasang di perangkat Apple yang mereka pakai.

  1. Buka Settings  
  2. Tap nama Mama, pilih Family Sharing.
  3. Ikuti instruksi di layar iPhone/iPad untuk membuat grup keluarga. Di sini Mama bisa menambahkan anggota keluarga ataupun membuatkan akun untuk anak.
  4. Tap fitur yang ingin Mama bagi dengan anggota keluarga lain:

    • Subscription dan tempat penyimpanan di iCloud
    • Pembelian, termasuk pembelian aplikasi di App Store, musik di iTunes Store ataupun buku di Apple Books, juga film dan tv series di Apple TV.
    • Lokasi, gunakan Maps.
    • Fitur untuk anak-anak: mengatur apa saja yang boleh/tidak boleh dibeli anak-anak di App Store, iTunes Store, Apple Books, Apple TV, juga mengatur penggunaannya oleh anak-anak.
Tergantung dari setting yang Mama terapkan, Mama bisa membatasi apa saja yang bisa di-share dengan anak-anak. Mama juga akan lebih tenang karena bisa memantau apa yang dilakukan anak-anak tanpa khawatir mereka melakukan top-up dalam jumlah besar demi memainkan game favorit mereka, misalnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama