Cara Menggunakan Siri di Mac

 


Tahukah Mama bahwa menggunakan voice assistant Siri di Mac dapat mempercepat pekerjaan? Bagaimana tidak, pekerjaan di Mac yang umumnya Mama lakukan dengan memanfaatkan trackpad ataupun keyboard, sekarang cukup menggunakan perintah suara maka yang Mama cari akan muncul di layar Mac.

Mencari file di Mac

Dengan Siri, Mama bisa memintanya untuk mencarikan file yang telah tersimpan di Mac. Jika biasanya Mama mengetik nama file di kolom pencarian di Finder ataupun Spotlight, Siri bisa menggantikan cara tersebut dengan metode yang lebih mudah sekaligus mempersempit pencarian.

  1. Ucapkan Hey Siri, atau cara lain sesuai model Mac yang dipakai. 
  2. Sebutkan permintaan mencari file yang Mama inginkan. Misalnya, Mama bisa meminta Siri mencari semua dokumen yang pernah Mama buka dalam sebulan terakhir dengan mengucapkan "search for all the documents I opened this month. Siri akan memunculkan hasil pencarian di layar Mac. 
  3. Persempit pencarian dengan menyebutkan sebagian nama file yang Mama ingat. Misalnya: "files titled apple." 
  4. Hasil pencarian akan memunculkan seluruh dokumen yang mama akses dalam sebulan terakhir yang memeiliki kata "apple' di file name. 

Menyimpan hasil pencarian Siri

Mama tidak perlu berulang kali meminta Siri untuk melakukan pencarian yang sama. Misalnya, untuk menanyakan informasi cuaca atau menampilkan Twitter feeds. 

Setelah Mama meminta Siri untuk menampilkan informasi cuaca, misalnya, selanjutnya klik pada tanda PLUS (+) yang ada di bagian paling atas dari hasil pencarian Siri. Dengan cara ini maka informasi cuaca akan terus di-update sehingga Mama tidak perlu lagi menanyai Siri dengan pertanyaan yang sama setiap hari.

Hasil pencarian tersebut disimpan di tempat yang mudah diakses, yaitu di Notification Center. Untuk mengaksesnya, Mama klik pada sudut-kanan atas layar Mac yang ditandai dengan ikon tiga-baris.

Drag & drop hasil pencarian Siri

Tahukah Mama, tidak perlu menyimpan hasil pencarian Google Image ke dalam Mac untuk kemudian di-paste di dokumen yang tengah Mama buat.

Dengan bantuan Siri untuk mencari gambar kaktus di Google Image, misalnya, Mama bisa langsung drag gambar tersebut ke dalam file dokumen yang tengah terbuka.

Jika Mama tengah mencari gambar kaktus di web dengan bantuan Siri, hasil pencarian akan muncul di window kecil di sisi kanan layar Mac. Selanjutnya Mama bisa memilih gambar yang Mama inginkan lalu langsung saja drag (tarik) ke file dokumen yang tengah Mama kerjakan, drop di posisi yang Mama ingin. Sangat mudah, bukan?

Meralat perintah yang salah

Meski mengucapkan permintaan/perintah ke Siri bukan hal yang sulit tetapi bisa saja Mama salah mengucapkannya. Eh, Mama tidak perlu meralat dengan perintah lanjutan. Faktanya, Mama bisa mengedit dari teks Siri yang ada di layar Mac. Hapus saja kata-kata yang salah lalu ketikkan kata yang benar menggunakan keyboard. Siri akan langsung memahaminya.

Mengubah preferensi Siri

  1. Untuk melakukan perubahan pada pengaturan sistem Siri, klik logo Apple yang ada di pojok-kiri-atas Mac. Pilih System Preferences > Siri.
  2. Cara lain adalah dengan memanfaatkan Siri untuk membuka Siri Preferences.
  3. Dari window yang muncul, lakukan perubahan pada setting, seperti keyboard shortcut, jenis kelamin Siri ataupun dialek yang dipakai Siri dalam berbicara. Bisa juga Mama mengatur agar Siri menyimpan atau menghapus dictation history alias daftar kata-kata baru yang telah dipahami Siri.
Pengaturan Siri melalui Siri Preferences perlu Mama cek jika ingin mengubah beberapa hal ataupun saat Siri mengalami masalah, seperti tidak merespon perintah yang Mama berikan.



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama