Cara Mengecek Siklus Menstruasi di iPhone (iOS 14)



Tanpa menggunakan aplikasi third-party alias aplikasi yang dijual di App Store, Mama tetap bisa mengecek siklus menstruasi di iPhone. Menggunakan aplikasi Health bawaan iPhone, Apple memberikan fitur khusus bagi para wanita. Yang dimaksud adalah kolom khusus Cycle Tracking yang ada di Health app. Fitur ini diberikan bersama rilis iOS 13 di tahun 2019.

Bukan hanya memprediksi kapan jadwal menstruasi pada bulan berikutnya, Cycle Tracking di Health app juga memberikan informasi mengenai masa subur sekaligus tanggal-tanggal yang aman jika Mama merencanakan KB mandiri tanpa alat kontrasepsi.

Cara mengeset data menstruasi di iPhone

  1. Buka aplikasi Health
  2. Tap card bertuliskan Cycle Tracking. Jika tidak tampil di halaman muka Health app, gunakan kolom pencarian, ketik Cycle Tracking.
  3. Tap Options. Masukkan data-data yang diminta. 

Untuk menampilkan prediksi dan informasi yang akurat, tentu saja Mama terlebih dulu harus memasukkan data yang diminta iPhone. Data yang dimaksud antara lain, tanggal terakhir Mama mendapatkan menstruasi, rata-rata lama menstruasi berlangsung, kondisi tubuh saat ini (sedang hamil, menyusui), dll. Dari data tersebut nantinya Health app akan menghitung siklus menstruasi untuk menentukan perkiraan tanggal menstruasi di bulan berikutnya. 

Setelah rangkuman dari data siklus menstruasi ditampilkan, Mama tetap bisa melakukan edit secara manual jika dirasa ada data yang tidak sesuai dengan kondisi Mama. Dengan melakukan koreksi secara manual, aplikasi Health akan melakukan penghitungan ulang sehingga nantinya hasil prediksi siklus menstruasi, masa subur, dll, akan lebih akurat. Data yang ditampilkan termasuk kondisi kesehatan Mama secara umum terutama yang berkaitan dengan organ reproduksi.

Nah, sekarang Mama tahu kan untuk mendapatkan perkiraan siklus menstruasi secara lengkap Mama tidak perlu install aplikasi third-party. Cukup dengan Health bawaan iPhone!


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama