6 Cara Mengatur Volume iPhone, iPad (iOS 14)



Menggunakan iPhone untuk untuk mendengarkan lagu-lagu favorit bukan hal baru ya Mams. Begitu pula nonton film terbaru di layar lebar iPad. Baik untuk mendengarkan lagu ataupun nonton video, satu-satunya fungsi yang wajib bekerja dengan baik adalah Volume. Bagaimana bisa mendengar lagu jika tombol volume iPhone rusak, misalnya; suara akan terlalu keras atau justru terlalu lirih.

Eh, tapi tahukah Mama kalau untuk menyetel Volume, Mama tidak perlu bergantung hanya pada hardware Volume? Ada beberapa cara lain yang bisa Mama manfaatkan untuk mengatur volume suara baik di iPhone ataupun iPad.

1. Tombol Volume

Cara paling umum untuk mengatur volume di iPhone atau iPad adalah dengan menekan tombol volume UP atau DOWN, masing-masing untuk mengeraskan dan menurunkan suara. Tekan lebih dari satu kali untuk menyesuaikan suara dengan keinginan Mama. Tergantung dari model iPhone atau iPad yang Mama gunakan, tombol volume berbeda letaknya.

2. Control Center

Control Center di iPhone atau iPad akan muncul ketika Mama swipe layar dari bagian atas/bawah ke arah bawah/atas dan sebaliknya. Meski begitu, cara mengakses Control Center di iPhone dan iPad berbeda, juga tergantung dari model iPhone/iPad yang Mama pakai. 

Tanpa menggunakan tombol fisik, Mama hanya perlu swipe di layar untuk memunculkan Control Center.  Pengaturan volume akan muncul di sana, Mama tinggal geser ke atas atau bawah. Tekan dan tahan untuk memperbesar ukuran icon sehingga memudahkan melihat tingkatan volume.

(Volume slider di control center)


3. Tombol Volume + Slider

Daripada menekan tombol Volume berulang kali, Mama bisa memadukannya dengan slider yang muncul saat tombol fisik ditekan. Cukup tekan tombol Volume satu kali maka akan muncul slider di layar, tepat di sisi tombol fisik. Tap dan tahan slider lalu gerakkan ke atas atau bawah untuk menyesuaikan suara. Tergantung dari iDevice yang Mama pakai, slider bisa juga Mama geser ke kanan atau kiri untuk mengatur volume.

(volume slider saat tombol fisik ditekan)


4. Panggil Siri

Menggunakan Siri untuk mengeraskan ataupun mengecilkan suara di iPhone atau iPad adalah cara mudah yang tidak memerlukan gerakan jari. Cukup panggil Siri lalu katakan “turn down the volume” atau “turn up the volume”.

5. Lock Screen

Saat Mama mendengarkan musik ataupun radio via Music app ataupun aplikasi lain sembari melakukan aktivitas lain, seperti jogging, layar iPhone atau iPad yang Mama pakai akan otomatis terkunci. Lalu bagaimana jika Mama ingin mengeraskan suara lagu atau mengecilkannya? Tanpa perlu unlock iPhone, Mama bisa mengatur volume. Itu karena lagu, radio ataupun podcast yang Mama dengarkan ditampilkan di layar iPhone/iPad yang terkunci, berikut dengan slider volume. Tinggal geser slider volume untuk mengatur keras atau lemah suara.

(tampilan volume slider di lockscreen iPad)


6. Putar Digital Crown

Jika Mama mendengarkan musik di iPhone menggunakan AirPod Max, Mama punya kesempatan untuk mengatur volume suara di iPhone atau iPad menggunakan headset tersebut. Caranya, tinggal putar digital crown yang ada di AirPod Max ke kanan atau ke kiri untuk menyesuaikan besar/lemah suara.

Nah, sekarang Mama sudah tahu ya kalau untuk mengatur volume suara di iPhone atau iPad bisa dilakukan dengan banyak cara. Sudahkah Mama mencoba keenam cara di atas?



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama