Siri Tidak Respon, Bisa Jadi ini 4 Penyebabnya (MacOS)



Seberapa sering Mama menggunakan bantuan voice assistant Siri di iPhone? Jika tak terhitung, artinya Mama telah cukup baik mengoptimalkan salah satu fitur penting iPhone. Namun buat Mama yang belum pernah menggunakan Siri, ada baiknya Mama segera mencobanya karena. Jangan lupa cek terlebih dulu pengaturan Siri di Settings app sebelum memerintahkan atau menanyakan sesuatu kepada Siri.

Seperti halnya di iPhone dan iPad, Mama juga bisa menemukan Siri di komputer Mac. Cara kerja Siri di komputer Mac tidak jauh berbeda dengan Siri di iPhone dan iPad ya Mams. Memanggil Siri dengan "Hey Siri" juga bisa Mama lakukan di Mac. Namun jika Siri tidak berfungsi ataupun tidak merespon panggilan Mama, bisa jadi salah satu empat hal di bawah ini terjadi di komputer Mac yang Mama gunakan.

1. MacOS

Fitur Siri di komputer Mac diberikan setidaknya pada Mac yang telah menjalankan MacOS Sierra. Jika komputer Mac yang Mama pakai masih menjalankan MacOS sebelum Sierra, ada baiknya segera mengecek adanya update software. Mac dengan Mojave, Cataline ataupun Big Sur dijamin memiliki fitur Siri di dalamnya.

2. Mikrofon

Untuk mengecek apakah mic atau mikrofon di Mac berfungsi baik, klik logo Apple di pojo-kiri atas layar Mac > System Preferences > Sound. Lakukan pengaturan suara output dan input. Lakukan recheck dengan menggunakan mikrofon lain, misalnya EarPods atau earphone.



3. Bahasa

Dalam beberapa kasus Siri bisa mendengar perintah yang Mama berikan namun sepertinya Siri tidak memahami perintah tersebut. Dalam hal ini Mama perlu mengeset terlebih dulu pilihan Bahasa dan Dialek yang ada di System Preferences > Siri.




4. Internet
Siri adalah salah satu fitur MacOS yang membutuhkan jaringan internet untuk bisa berfungsi sepenuhnya. Jika muncul notofikasi Mac tidak dapat terhubung ke jaringan atau diminta untuk mencoba lagi, tampaknya Mama perlu mengecek jaringan internet yang terhubung ke Mac. Apakah WiFi sedang down ataukah kabel modem terlepas, atau kendala lain. Bisa jadi, Mama juga perlu restart modem ataupun Mac.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama